Kamis 06 Jun 2024 19:39 WIB

Kuliner Tempong PNS Hadir di Serpong, Sajikan Sambal Khas Banyuwangi

Tempong adalah salah satu sambal khas Banyuwangi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Food Vlogger Tanboy Kun bersama istri Anasiha Putri Sakinah berfoto saat grand opening Tempong PNS di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (6/6/2024).
Foto: Republika/Gumanti
Food Vlogger Tanboy Kun bersama istri Anasiha Putri Sakinah berfoto saat grand opening Tempong PNS di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (6/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Food vlogger Tanboy Kun memperkenalkan bisnis baru bernama Tempong PNS (Pedes-Ngenes-Spesial) di Serpong, Tangerang Selatan. Tampil dengan konsep high ceiling yang modern, restoran ini memiliki luas sekitar 500 meter persegi dengan kapasitas pengunjung hingga 280 orang.

Tempong adalah salah satu sambal khas Banyuwangi yang kaya akan cabai, terasi, jeruk limau dan berciri khas tomat ranti. Tomat ranti atau heirloom tomato memiliki bentuk seperti bunga mawar dengan cita rasa asam. Dinamakan Sambal Tempong karena rasanya yang sangat pedas seakan ditempong atau ditampar ketika menikmatinya.

Baca Juga

Pria bernama lengkap Bara Ilham Bakti Perkasa itu mengaku sudah jatuh cinta pada sambal tempong sejak pertama kali mencobanya. Namun menurut dia, restoran khusus sambal tempong di Jabodetabek masih jarang. Karena itu, dia terpikir untuk membuka restoran yang mengangkat sambal tempong. 

“Rasa sambalnya itu seger, pedesnya ngenes sampai membuat mata saya melek. Dan memang di Jabodetabek itu masih sangat jarang jadi kami pun berpikir untuk membuka outlet Tempong PNS di Serpong," kata Tanboy Kun saat grand opening Tempong PNS di Serpong, Kamis (6/6/2024).

Tanboy Kun mengatakan sambal tempong di Tempong PNS diracik seautentik mungkin dengan menambahkan tomat ranti. Ia pun bekerja sama dengan petani lokal untuk memasok tomat ranti untuk Tempong PNS.

"Jadi kami itu mengajak petani lokal Banyuwangi untuk memasok tomat ranti itu. Jadi pasti autentik sambalnya karena memang tomat itu pembedanya," kata Tanboy.

Ia kemudian bercerita tentang sejarah penamaan Tempong PNS. Menurut Tanboy, penamaan PNS itu terinspirasi dari orang tuanya yang ingin agar dia menjadi PNS. "Dan karena memang saya tidak jadi PNS, saya akhirnya mencoba mewujudkan cita-cita orang tua dengan membuat restoran ini," kata Tanboy Kun.

PNS juga identik dengan kepanjangan Pegawai Negeri Sipil. Karena itu, Tanboy Kun mengembangkan konsep seragam pramusaji dan penamaan paket menu ala Pegawai Negeri Sipil. Selain karena kesukaan Tanboy Kun pada sambal tempong, Tempong PNS juga hadir untuk memanjakan para kuliner pedas di Indonesia. 

Terlebih merujuk data Badan Pangan Nasional (Bapanas), konsumsi cabai per kapita masyarakat Indonesia meningkat pada 2023. Pada komoditas cabai besar, jumlahnya meningkat 4,3 persen menjadi 2,42 kilogram/kapita/tahun, sedangkan pada komoditas cabai rawit peningkatannya sebesar 5,8 persen menjadi 2,19 kilogram/kapita/tahun dibandingkan tahun 2022. Tempong PNS menawarkan empat pilihan sambal yakni Sambal Tomat, Sambal Bawang, Sambal Ngenes (Sambal Tempong original), dan Sambal Ngenes Spesial (Sambal Tempong yang sangat pedas). 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement