Senin 13 May 2024 12:11 WIB

Kecelakaan Maut yang Terjadi Saat Siswa Study Tour, Nomor 5 Paling Banyak Makan Korban

Sebelum kecelakaan bus Ciater Subang, sebelumnya pernah terjadi tragedi serupa.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Mobil derek berusaha mengevakuasi bus yang terlibat kecelakaan di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024).
Foto:

 

4. Bus SMP Islam Ar-Ridho 

Sebanyak 16 orang meninggal dunia, 28 orang luka berat, dan 14 orang luka ringan akibat kecelakaan maut yang menimpa bus rombongan SMP Islam Ar-Ridho Kota Depok. Bus mengalami kecelakaan maut di jalanan turunan Ciloto, Jawa Barat, pada 7 Juli 2007.

Diketahui bahwa bus pariwisata itu membawa rombongan pelajar dan guru ke Taman Cibodas. Namun, bus mendadak oleng saat melaju di jalanan turunan Ciloto dekat jembatan Cikundul. Kemudian, bus menabrak sejumlah kendaraan, menabrak tembok dan pagar jembatan, lalu jatuh ke jurang.

5. Tragedi Paiton

Meski telah berlangsung lama, yakni pada 8 Oktober 2003, kecelakaan maut bus karyawisata SMK Yapemda Sleman ini terus menjadi sorotan. Insiden dikenal dengan sebutan tragedi Paiton karena terjadi di tanjakan depan pintu PLTU Paiton, Kecamatan Banyulugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

 

Bus pariwisata yang membawa rombongan itu dalam perjalanan pulang ke Yogyakarta usai study tour dan wisata di Bali. Bus terbakar setelah tertabrak truk kontainer yang memotong jalur dari arah berlawanan, menewaskan 51 siswa, dua guru, dan seorang pemandu wisata.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement