Kamis 25 Apr 2024 21:49 WIB

Dibuat dengan AI, Film Biografi Vladimir Putin Bakal Tayang di 35 Negara

Film biografi digarap untuk membuat masyarakat global memahami motif-tindakan Putin.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Rusia Vladimir Putin. Film biografi Putin digarap dengan teknologi AI.
Foto:

 

Tak lama setelah pemungutan suara terakhir ditutup Ahad (17/3/2024) waktu setempat, hasil pemilu awal menunjukkan kesimpulan yang diprediksi semua orang, yakni Putin kembali memperpanjang masa kekuasaannya selama enam tahun lagi. Putin telah menjadi presiden Rusia hampir seperempat abad.

Menurut Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia, Putin memperoleh sekitar 87 persen suara dari sekitar 60 persen daerah pemilihan yang sudah dihitung. Artinya, Putin (71 tahun) menyalip Josef Stalin dan menjadi pemimpin Rusia yang paling lama menjabat dalam lebih dari 200 tahun.

Kandidat komunis Nikolai Kharitonov berada di urutan kedua dengan perolehan suara terpaut empat persen. Sementara itu, pendatang baru Vladislav Davankov di urutan ketiga dan ultranasionalis Leonid Slutsky di urutan keempat, berdasarkan hasil awal.

Tingkat partisipasi Pemilih secara nasional pun cukup tinggi, yakni mencapai 74,22 persen ketika pemungutan suara ditutup, kata pejabat pemilu. Itu melampaui tingkat partisipasi pada 2018 sebesar 67,5 persen. 

 

Bagi Putin, hasil ini dimaksudkan untuk memberi sinyal kepada Barat bahwa para pemimpinnya harus memperhitungkan keberanian Rusia, baik dalam perang atau damai, selama bertahun-tahun yang akan datang. Putin merupakan mantan letnan kolonel KGB yang pertama kali naik ke tampuk kekuasaan pada 1999.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement