Ahad 14 Apr 2024 18:54 WIB

Masih Libur? Museum dan Cagar Budaya Ini Cocok untuk Disambangi Bersama Keluarga

Museum dan cagar budaya dapat jadi alternatif lokasi wisata saat libur Lebaran.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Museum Batik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah dapat menjadi alternatif lokasi wisata keluarga saat libur Lebaran.
Foto:

3. Museum Manusia Purba Sangiran

Berkunjung ke Museum Manusia Purba Sangiran adalah pengalaman yang memikat, mengingat museum ini adalah penjaga warisan prasejarah dari situs arkeologi Sangiran. Situs arkeologi Sangiran dianggap salah satu situs terpenting untuk penemuan fosil manusia purba.

photo
Pengunjung mengamati benda koleksi Museum Sangiran di Sragen, Jawa Tengah, Selasa (14/6/2022). Salah satu situs arkeologi terlengkap di Asia tersebut saat ini memiliki sekitar 47 ribu koleksi fosil manusia purba dan telah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage Site) dengan Nomor 593 pada tahun 1996 dengan nama The Sangiran Early Man Site. - (ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

Artefak yang dipamerkan di museum ini bukan hanya merupakan yang tertua di Indonesia, tetapi juga menjadi peninggalan kehidupan di zaman prasejarah. Pengunjung bisa melihat langsung replika Homo erectus Sangiran 17, sebuah fosil Homo erectus unik yang dikenal sebagai satu-satunya fosil di Asia yang masih memiliki "wajah" saat pertama kali ditemukan.

Direkomendasikan mengunjungi Museum Manusia Purba dari Klaster Krikilan sebagai titik awal, yang merangkum keseluruhan narasi museum dan memperkenalkan pengunjung kepada Homo erectus Sangiran. Kemudian, berlanjut ke Klaster ke Ngebung, Bukuran, Manyarejo, dan Dayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement