Ahad 14 Apr 2024 18:54 WIB

Masih Libur? Museum dan Cagar Budaya Ini Cocok untuk Disambangi Bersama Keluarga

Museum dan cagar budaya dapat jadi alternatif lokasi wisata saat libur Lebaran.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Museum Batik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah dapat menjadi alternatif lokasi wisata keluarga saat libur Lebaran.
Foto: Tim Humas Kemendikbud
Museum Batik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah dapat menjadi alternatif lokasi wisata keluarga saat libur Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluarga Anda masih libur Lebaran? Ada berbagai tempat wisata yang menarik dikunjungi, termasuk lokasi ikonik museum serta cagar budaya.

Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (Indonesian Heritage Agency/IHA) memberikan tiga rekomendasi unit museum dan cagar budaya yang dapat dikunjungi di momen libur Idul Fitri tahun ini. Berkunjung bersama keluarga atau sahabat ke sejumlah tempat berikut akan terasa seru dan menyenangkan.

Baca Juga

Sebab, kunjungan menjadi bukan sekadar liburan, tapi juga kesempatan untuk memperdalam pengetahuan tentang sejarah dan budaya Indonesia. Dengan menyelami kekayaan budaya dan arkeologi Indonesia, bisa membuat libur Lebaran menjadi pengalaman penuh makna.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, menawarkan pengalaman rekreasi dan wisata edukatif. Pengunjung bisa menikmati keindahan arsitektur kuno serta mengeksplorasi kawasan sekitar Borobudur yang indah.

photo
Candi Borobudur - (BRIN)

Diapit oleh Gunung Merapi dan Merbabu di timur, serta Gunung Sindoro dan Sumbing di utara, serta Bukit Menoreh di selatan, Borobudur memiliki lokasi yang memukau. Candi Borobudur pun mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Dunia pada 1991.

2. Museum Batik Indonesia

Jika berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, pastikan untuk meluangkan waktu mengunjungi Museum Batik Indonesia. Museum ini memperkenalkan keindahan dan koleksi batik Indonesia yang kaya, sangat cocok untuk para pecinta seni dan budaya.

Sebagai pusat pelestarian batik, Museum Batik Indonesia tidak hanya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, tetapi juga menjadi wadah yang penting dalam mempromosikan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat lokal maupun internasional. Suasana museum ini amat elegan dan inspiratif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement