Kamis 11 Apr 2024 14:24 WIB

Rivalitas 2 Grup K-Pop ILLIT VS Babymonster, Siapa yang Lebih Unggul?

Grup K-pop ILLIT dan Babymonster merilis album debut dalam waktu yang berdekatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop ILLIT (atas) dan Babymonster (bawah). ILLIT dan Babymonster merilis album debut dalam waktu berdekatan.
Foto: Dok. YG Entertainment/JTBC
Grup K-pop ILLIT (atas) dan Babymonster (bawah). ILLIT dan Babymonster merilis album debut dalam waktu berdekatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Sebuah persaingan epik terjadi di dunia K-pop antara dua girl group muda yang sedang naik daun, ILLIT dan Babymonster. Keduanya merilis album debut dalam waktu berdekatan.

Album debut ILLIT berjudul Super Real Me yang dirilis pada 25 Maret 2024 mencetak rekor penjualan sepanjang masa untuk girl group debut, dengan 380 ribu kopi terjual dalam pekan pertama. Namun, prestasi ini terusik oleh Babymonster yang album debut mereka, Babymons7er pada 1 April 2024 berhasil melewati rekor tersebut dengan penjualan lebih dari 401 ribu kopi dalam minggu pertama.

Baca Juga

Dilansir Allkpop pada Kamis (11/4/2024), pertarungan antara kedua girl group ini juga menjadi ajang persaingan antara dua raksasa industri hiburan Korea, Hybe (Bang Si-hyuk) dan YG Entertainment (Yang Hyun-suk), yang masing-masing memproduseri ILLIT dan Babymonster.

Meskipun penjualan album keduanya sebanding, ILLIT tampaknya lebih unggul dalam hal popularitas di dalam negeri dan di tangga lagu digital. Lagu debut mereka, "Magnetic" berhasil menduduki puncak tangga lagu K-pop global dan melonjak ke puncak tangga lagu Melon.

Namun, Babymonster tidak kalah dalam hal penayangan YouTube, dengan video musik mereka mencapai jutaan penonton dalam waktu singkat. Meskipun demikian, ada perbedaan pendapat di kalangan para ahli mengenai kedua grup ini. Beberapa mengkritik lagu-lagu dalam album keduanya sebagai "mengecewakan" sementara yang lain melihat potensi besar dalam Babymonster.

“Hybe adalah perusahaan konglomerat besar. Namun, tidak ada aspek yang membedakan antara NewJeans ADOR dan ILLIT dari Belift Lab. Musik Babymonster mewarisi warisan YG tetapi musik mereka terdengar lebih seperti musik dari generasi sebelumnya, bukan generasi setelah Blackpink,” tulis pengamat industri.

Perdebatan ini juga mencuat di kalangan warganet Korea, dengan beragam komentar mengenai keunggulan masing-masing grup. Meskipun demikian, kesimpulannya sepertinya kedua grup ini masih memiliki banyak ruang untuk pertumbuhan dan pembuktian.

"Awalnya, orang-orang mengatakan Babymonster itu kuno atau tidak, tetapi saya menjadi penggemar ketika saya melihat live mereka keterampilan menyanyi. Semua anggota sangat berbakat. Mereka memiliki banyak potensi untuk berkembang,” kata warganet.

“Konsep ILLIT terlalu mirip dengan NewJeans,” tulis warganet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement