Senin 08 Apr 2024 18:52 WIB

Viral Penumpang Kehilangan Uang di Bagasi, Ini Tips Aman Naik Pesawat

Selalu pastikan aturan maskapai terkait barang bawaan yang boleh masuk bagasi.

Rep: Rahma Sulistya  / Red: Friska Yolandha
Sejumlah calon penumpang saat akan memasuki terminal keberangkatan Bandara Abdulrachman Saleh, di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).
Foto:

Selalu periksa dan pastikan dengan maskapai yang digunakan, terkait dengan batasan berat maksimum yang boleh dibawa untuk penerbangan, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional. Kelebihan berat bagasi maksimum yang telah ditetapkan, diatur tarifnya oleh tiap-tiap maskapai.

Sementara itu, ada aturan umum yang harus dipatuhi penumpang, agar menaiki pesawat dengan aman.

  • Simpan barang bawaan berharga pada bagasi kabin saja (ini termasuk uang, peralatan elektronik, emas, surat-surat penting, dan lainnya).
  • Pastikan barang bawaan yang disimpan pada bagasi check in dalam keadaan tertutup dan terkunci dengan baik.
  • Mohon untuk melepas tag bagasi lama yang masih menempel di bagasi, hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam penanaganan bagasi.
  • Selalu simpan tag bagasi dan boarding pass dengan baik atau pada tas kecil, sehingga akan memudahkan dalam menjangkaunya sewaktu-waktu diperlukan.

Untuk diketahui, akun @psychedilac menceritakan sebuah pengalaman pahit ketika harus mudik dengan pesawat. Ia meletakkan uang baru yang sudah di dalam amplop ke dalam koper. Saat koper tiba dan dicek, kondisi koper masih rapi namun saat dicek uang tersebut sudah hilang.

 

Sempat mengadukan hal tersebut ke pihak Lion Air, namun mereka menyebut itu di luar tanggung jawab mereka. Kemudian, ia memutuskan untuk bercerita di media sosial, berharap pihak maskapai maupun terkait mau bertanggung jawab dan membantunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement