Senin 08 Apr 2024 13:47 WIB

Peringati 50 Tahun Kemenangan Eurovision, Abba Ucapkan Terima Kasih pada Penggemar

Abba memenangkan Kontes Lagu Eurovision pada 6 April 1974 dengan lagu Waterloo.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Anggota grup Swedia ABBA dan rekan dekatnya merayakan kemenangan lagu mereka
Foto: AP Photo
Anggota grup Swedia ABBA dan rekan dekatnya merayakan kemenangan lagu mereka

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Legenda musik pop dunia, Abba mengucapkan terima kasih kepada para penggemar atas kesetiaan dan dukungan mereka saat band ini merayakan ulang tahun ke-50 kemenangan mereka dalam Kontes Lagu Eurovision. Pada 6 April 1974, grup pop asal Swedia ini memenangkan kompetisi bergengsi tersebut dengan lagu ikonik mereka, "Waterloo" di Aula Konser Brighton Dome.

Dalam pernyataan bersama, anggota Abba yang terdiri dari Bjorn Ulvaeus, Benny Andersson, Agnetha Faltskog, dan Anni-Frid Lyngstad, menyatakan apresiasi mereka terhadap para penggemar yang telah mendukung mereka selama setengah abad ini. Untuk menghormati pencapaian luar biasa ini, beberapa piano di seluruh Eropa akan memainkan lagu "Waterloo" yang telah direkam sebelumnya oleh Benny Andersson secara bersamaan.

Baca Juga

Hal itu bertujuan memberikan pengalaman seolah-olah dia sedang bermain secara langsung. Abba mengakui bahwa para penggemar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan musik mereka selama bertahun-tahun.

Mereka juga mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan berkelanjutan dari para penggemar, yang telah memungkinkan lagu-lagu mereka tetap berada di hati penggemar di seluruh dunia. "Kami melihat buktinya setiap kali salah satu dari kami mengunjungi Abba Voyage di London, dan karena itulah kami dapat merayakan ulang tahun ke-50 acara tersebut dengan mengetahui bahwa lagu kami masih bergema di seluruh dunia," kata pernyataan Abba, dilansir //The Standard//, Senin (8/4/2024).

Sebagai bagian dari perayaan, penggemar dapat menikmati "momen piano" di kota-kota besar seperti London, Berlin, Warsawa, dan Stockholm, di mana lagu-lagu pendek "Waterloo" diputar secara serentak. Di London, penumpang yang melewati stasiun Waterloo disuguhi paduan suara yang menyanyikan lagu tersebut secara spontan.

Selain itu, Abba merilis kembali album mereka //Waterloo// sebagai set kotak edisi terbatas untuk merayakan pencapaian tersebut. Sebuah plakat juga diresmikan di luar Brighton Dome untuk memperingati kemenangan mereka dalam Kontes Lagu Eurovision.

Abba, yang bubar pada 1982 setelah 10 tahun berkarya bersama, bersatu kembali pada 2021 dan merilis album studio kesembilan mereka, Voyage. Album tersebut berhasil menduduki puncak tangga album di Inggris, yang menandai kembalinya mereka ke dunia musik setelah hampir 40 tahun. Meskipun Kontes Lagu Eurovision tahun ini diadakan di Swedia, kemungkinan reuni Abba di acara tersebut tampaknya sangatlah tipis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement