Jumat 05 Apr 2024 16:08 WIB

Jelang Musim Mudik, Dokter Minta Waspadai Infeksi Saluran Kemih

Pemudik diminta sempatkan beristirahat untuk lakukan peregangan dan buang air kecil.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Warga beraktivitas di rest area sementara Jalan Tol Cisumdawu, Paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).
Foto:

Kaum hawa perlu lebih waspada sebab ISK sering terjadi pada perempuan. Biasanya, perempuan mengalami lebih dari satu kali ISK seumur hidupnya. Faktor risiko spesifik pada wanita untuk terjadinya ISK adalah karena anatomi tubuh, aktivitas seksual, alat kontrasepsi tertentu, dan menopause.

Untuk mencegah ISK selama perjalanan mudik, disarankan memenuhi kebutuhan cairan. Apabila berpuasa, minumlah banyak air putih di saat sahur. Selain itu, jangan menunda buang air kecil terlalu lama. Meski dalam perjalanan, sempatkanlah beristirahat terlebih dahulu untuk sekadar melakukan peregangan dan buang air kecil.

Saat buang air kecil atau buang air besar, basuh kemaluan dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari area anus menyebar ke vagina dan uretra. Hindari pemakaian produk yang berpotensi menyebabkan iritasi di daerah kemaluan seperti bedak, deodoran spray, dan lain-lain.

"Idul Fitri tentu menjadi momen yang sangat dinantikan. Jangan sampai suka cita bertemu dengan keluarga di kampung halaman jadi terganggu akibat infeksi saluran kemih. Lakukan kebiasaan-kebiasaan baik untuk mencegah ISK. Apabila mengalami gejala ISK, segera konsultasikan pada dokter spesialis bedah urologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat," ujar Ima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement