Kamis 04 Apr 2024 13:01 WIB

Tips Ketika Terjebak Gempa di Dalam Mobil

Usahakan untuk tetap tenang dan coba kendalikan mobil meski sedang gempa.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Sebuah mobil terjebak di jalan yang terkena dampak gempa (ilustrasi). Ada beberapa tips aman ketika berada di dalam mobol saat gempa.
Foto: AP Photo/Hiro Komae
Sebuah mobil terjebak di jalan yang terkena dampak gempa (ilustrasi). Ada beberapa tips aman ketika berada di dalam mobol saat gempa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi merupakan ancaman serius karena bisa menimbulkan kerugian materi hingga kehilangan nyawa. Untuk itu, penting mengetahui cara bertindak ketika terjadi gempa, termasuk saat Anda berada di dalam mobil.

Dilansir laman BPBD Jogja pada Kamis (4/4/2024), berikut adalah beberapa tips untuk tetap aman saat gempa bumi terjadi ketika Anda ada di dalam mobil:

1. Kendalikan kendaraan dengan aman

Saat terjadi gempa bumi dengan kekuatan besar, Anda mungkin akan kehilangan kendali mobil. Usahakan untuk tetap tenang dan coba kendalikan kendaraan Anda dengan aman.

2. Jauhi persimpangan

Jika memungkinkan, hindari persimpangan dan tempat-tempat yang berisiko. Cobalah untuk menepi di pinggir jalan, khususnya di kiri bahu jalan.

3. Berhenti dan tetap di tempat

Setelah memilih lokasi yang aman untuk berhenti, hentikan mobil Anda dan tetap di tempat. Jangan mencoba berkendara selama gempa berlangsung.

4. Ikuti instruksi dari petugas berwenang

Penting untuk mengikuti instruksi dari petugas berwenang. Perhatikan lingkungan sekitar Anda, atau gunakan alat komunikasi seperti radio atau perangkat gawai, untuk mendapatkan informasi dan arahan yang Anda perlukan.

Selain itu, untuk menghindari risiko, baik Anda berada di dalam mobil atau naik sepeda motor, penting untuk tetap waspada dan mencari tempat aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dilansir laman Suzuki, hindari daerah di sekitar tiang listrik, lampu lalu lintas, bangunan tinggi, jembatan, billboard, dan potensi reruntuhan lainnya.

Ketika gempa terjadi, segera cari daerah yang benar-benar aman. Contohnya, pilihlah tempat yang tidak dikelilingi oleh bangunan di sisi kanan atau kiri jalan. Lahan lapang seperti lapangan bola juga bisa menjadi pilihan aman. Hindari berada di bawah flyover atau billboard karena berisiko tertimpa reruntuhan.

Setelah gempa mereda, para pengemudi di dalam mobil harus segera keluar dari kendaraan dan mencari tempat yang lebih aman. Bagi pengendara sepeda motor, tinggalkan kendaraan dan cari tempat yang lebih aman segera. Pastikan untuk memastikan keamanan sebelum melanjutkan perjalanan.

Yang paling penting adalah tetap tenang dan tidak panik. Ketika ada indikasi gempa, segera cari tempat yang benar-benar aman dan hindari berkeliaran di sekitar bangunan atau struktur yang dapat membahayakan keselamatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement