Selasa 02 Apr 2024 11:28 WIB

Alat Canggih yang Diklaim Bikin Penggunanya 'Tenang': Cincin Pintar Hingga Jam Matahari

Sejumlah produk teknologi diklaim dapat membantu pengguna menemukan kedamaian batin.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pengguna jam tangan pintar (ilustrasi). Sejumlah produk teknologi diklaim sangat bisa membantu seseorang menemukan inner peace atau kedamaian batin.
Foto: Dok. Freepik
Pengguna jam tangan pintar (ilustrasi). Sejumlah produk teknologi diklaim sangat bisa membantu seseorang menemukan inner peace atau kedamaian batin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional. Bahkan, sejumlah produk teknologi diklaim sangat bisa membantu seseorang menemukan inner peace atau kedamaian batin.

Artinya, teknologi tidak cuma lekat dengan kesan membikin stres, atau mengarah pada kecanduan. Dengan cara bijak, teknologi bisa memberi pengaruh positif. Berikut tujuh produk teknologi yang bisa dicoba, dikutip dari laman ZDNET, Senin (1/4/2024):

Baca Juga

1. Alat untuk meditasi

Meditasi merupakan cara tepat untuk memusatkan perhatian dan menjernihkan pikiran. Ada banyak pilihan produk teknologi dengan fungsi membantu latihan meditasi. Salah satu yang direkomendasikan untuk pemula adalah perangkat Moonbird.

2. Aplikasi meditasi

Bedanya dengan perangkat khusus yang membantu meditasi, aplikasi meditasi cukup diunduh di ponsel. Di AppStore, terdapat lebih dari 2.500 aplikasi meditasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, dengan fitur-fitur menarik dan panduan untuk berbagai bentuk meditasi.

3. Jam tangan pintar

Produk teknologi ini mungkin termasuk alat yang sudah dipakai sejuta umat, dan sangat bisa dimanfaatkan untuk menemukan inner peace. Sebab, selain bisa melacak data kesehatan, jam tangan pintar pun dapat mencatat suasana hati, bahkan mengidentifikasi pemicu tiap emosi.

4. Cincin pintar

Seseorang yang tidak suka memakai jam tangan dan lebih suka memakai cincin, bisa memilih produk teknologi cincin pintar. Beberapa fungsi perangkat ini termasuk pelacakan tidur, tingkat stres, hingga paduan untuk melakukan meditasi dan latihan pernapasan.

5. Alat pijat

Berbagai alat pijat kini sudah dilengkapi teknologi canggih, layak ada di kotak peralatan kesehatan. Contohnya adalah pemijat mata dan pelipis yang menggunakan kompresi, panas, dan getaran. Ada juga yang dilengkapi dengan musik yang menenangkan.

6. Jam alarm matahari terbit

Jam alarm matahari terbit memiliki fitur pencahayaan khusus, memungkinkan pengguna bangun dengan cahaya, bukan dengan bunyi-bunyian seperti alarm pada umumnya. Perangkat juga dilengkapi panduan meditasi serta cerita sebelum tidur.

7. Headphone tidur

Perangkat ini khusus dibuat untuk membantu seseorang tidur nyenyak Ada teknologi penyembunyian kebisingan, yang menyiarkan lapisan audio bervolume rendah untuk menutupi suara lain di sekitar. Beberapa perangkat pun memiliki fitur pelacakan tidur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement