Jumat 29 Mar 2024 14:22 WIB

Kucing Rachel Vennya Mati, Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Pelihara Kucing Eksotis

Kucing jenis Caracal yang dimiliki Rachel bisa makan hingga 1,4 kg daging per hari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kucing Caracal. Kucing Caracal peliharaan Rachel Vennya dan Okin mati setelah mengalami malnutrisi dan dehidrasi.
Foto: Dok. EPA/UWE ANSPACH
Kucing Caracal. Kucing Caracal peliharaan Rachel Vennya dan Okin mati setelah mengalami malnutrisi dan dehidrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Okin atau Niko Al Hakim menjadi trending di X (sebelumnya bernama Twitter) setelah munculnya dugaan bahwa dia menelantarkan kucing Caracal peliharaannya. Belakangan Okin membuat klarifikasi bahwa kucing itu bukan ditelantarkan, melainkan sedang sakit terkena virus dan sedang dalam perawatan.

Berdasarkan surat keterangan dengan kop Jagat Satwa Nusantara yang beredar di X, diketahui bahwa kucing bernama Nala itu kini telah mati. Sebelum mati, kucing tersebut ditemukan dalam kondisi malnutrisi dan dehidrasi parah. Sudah selayaknya mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memelihara hewan, terlebih yang memiliki tingkat kesulitan atau biaya cukup tinggi.

Dari segi ras, para pencinta kucing dapat memilih jenis kucing yang umum seperti Persia dan Maine Coon. Bagaimana dengan kucing yang lebih eksotis? Meskipun singa, harimau, dan macan tutul umumnya hanya ditemukan di kebun binatang dan cagar alam, penduduk negara bagian tertentu dapat memelihara kucing liar yang lebih kecil sebagai hewan peliharaan. 

Di Arizona, Arkansas, Delaware, Florida, Indiana, Maine, Mississippi, Missouri, Montana, North Dakota, Oklahoma, Pennsylvania, Texas, dan South Dakota, individu berlisensi diperbolehkan untuk membeli dan memiliki Caracal, seekor kucing liar yang tampak khas. Dikutip dari laman Petplace, Jumat (29/3/2024), Caracal merupakan kucing liar berwarna kuning kecokelatan dan berukuran sedang. Kucing ini bisa berasal dari beberapa wilayah gersang di Timur Tengah, Afrika, dan India. Kucing ini kadang-kadang disebut sebagai lynx Persia dan mungkin paling dikenal karena telinganya yang hitam dan berumbai. 

Yang perlu diperhatikan ketika memelihara Caracal

Memelihara Caracal sebagai hewan peliharaan tidak seperti memelihara anak kucing tua mana pun. Pertama, semua hewan peliharaan eksotik cenderung harganya jauh lebih mahal dibandingkan hewan berkaki empat tradisional. 

Penyanyi dunia Justin Bieber diketahui pernah membeli dua kucing Savannah (campuran kucing domestik dan serval) pada 2019 seharga 35 ribu dolar AS (Rp 555,5 juta). Harganya 1,500 dolar AS hingga 20 ribu AS untuk masing-masing kucing eksotik itu.

Antara biaya rutin, biaya dokter hewan, dan kecelakaan tak terduga, memiliki kucing peliharaan tidaklah murah. Para pencinta kucing bisa memelihara Caracal atau ras liar eksotik serupa dengan lebih mahal. 

Caracal dewasa dapat makan 1,4 kilogram daging setiap hari. mereka membutuhkan lebih banyak protein daripada yang dapat disediakan oleh makanan kucing yang diproduksi secara komersial. Oleh karena itu, memberi makan Caracal dengan makanan yang lengkap dan seimbang biasanya berarti bekerja sama dengan dokter hewan untuk mengembangkan rencana nutrisi yang disesuaikan.

Caracal tidak melupakan asal usul liar mereka begitu memasuki rumah. Kemandirian dan semangat mereka yang liar berarti bahwa mereka hanya akan bersosialisasi dengan cara mereka sendiri dan cara yang mereka lakukan bisa jadi sulit. Naluri liar dan cadangan energi juga dapat mengakibatkan furnitur tergores dan pakaian hancur. Ini kerap jadi biaya tambahan yang biasanya dikaitkan dengan kucing eksotik.

Memahami kepemilikan kucing eksotis

Banyak orang yang tidak setuju untuk mengurung hewan seperti Caracal di lingkungan rumah. Sebelum memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan eksotik, pertimbangkan gaya hidup untuk menentukan apakah hewan peliharaan tersebut adalah pilihan yang tepat atau tidak.

Jika mengadopsi untuk membeli Caracal atau kucing eksotik lainnya, ingatlah bahwa aturan umum menjadi pemelihara yang bertanggung jawab bahkan lebih penting. Pemelihara kucing eksotik senantiasa harus bekerja sama secara erat dengan dokter hewan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement