Rabu 14 Feb 2024 07:15 WIB

Petugas Pemilu, Simak Tips untuk Jaga Kesehatan Selama Bertugas

Petugas diminta mengonsumsi makanan bergizi dan istirahat jika kelelahan.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Friska Yolandha
Petugas PPK Pakualaman melayani warga berkonsultasi saat sosialisasi Pemilu 2024 di Lapangan Sewandanan, Pakualaman, Yogyakarta, Senin (11/12/2023). PPK Pakualaman berkeliling di kawasan Kecamatan Pakualaman untuk melakukan sosialisasi Pemilu 2024 mendatang ke masyarakat. Selain itu, mereka berhenti di Lapangan Sewandanan untuk melayani masyarakat yang akan mengecek DPT serta mendaftar petugas KPPS.
Foto:

Kemudian, jika para petugas memang sudah punya penyakit tertentu, maka ada sejumlah hal yang perlu dilakukan. Pertama, obat rutin harus tetap dikonsumsi teratur walaupun sedang sibuk mengurus pemungutan suara, perhitungan suara, dan lainnya. Kedua, sedapat mungkin kesehatannya tetap dipantau, bila perlu bawa peralatan yang diperlukan ke TPS.

Tips selanjutnya, walau pelaksanaan pemilu jelas tugas amat penting, tetapi kalau ketika bertugas merasa amat lelah, atau merasa ada gangguan kesehatah berarti, atau merasa penyakit kronik sedang reaktivasi, maka baiknya segera istirahat setidaknya sejenak sampai pulih. Dia menekankan, petugas tersebut bisa juga meminta teman untuk menggantikan menjalan tugas sementara dulu.

“Kelima, untuk para pimpinan unit, baik itu Ketua KPPS, PPS dan PPK, serta lainnya, maka akan baik memberi perhatian pada kesehatan para anggota team kerjanya,” kata dia.

Tjandra mengatakan, menyelesaikan pekerjaan tugas setiap tahapan pemilu sudah tentu amat penting. Tapi kesehatan, apalagi nyawa, para petugas adalah di atas dari segala-galanya. Kinerja semua petugas perlu diamati, juga amati keadaan kesehatan mereka, itu adalah bagian dari tanggung jawab para pimpinan Unit.

“Semoga pemilu 2024 berjalan lancar dan kesehatan para petugasnya dapat tetap terjaga baik,” jelas Tjandra.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement