Sabtu 10 Feb 2024 15:12 WIB

Christopher Nolan Ungkap Salah Satu Casting Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Downey berperan dalam meningkatkan popularitas Marvel Cinematic Universe.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Robert Downey dalam perannya sebagai Iron Man
Foto: Aceshowbiz
Robert Downey dalam perannya sebagai Iron Man

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat tampil dalam "The Late Show", sutradara Christopher Nolan sempat membahas soal salah satu keputusan casting paling berpengaruh dalam sejarah perfilman. Keputusan tersebut adalah pemilihan Robert Downey Jr sebagai Iron Man. Apa alasannya?

Kepada Stephen Colbert, Nolan mengungkapkan bahwa pemilihan Downey sebagai Iron Man memberikan dampak yang sangat besar. Keberhasilan Downey dalam memerankan Iron Man turut mendorong lahirnya Marvel Cinematic Universe. Bahkan, Downey menjadi salah satu sosok yang berperan besar dalam meningkatkan popularitas jagat sinema tersebut selama 10 tahun.

Baca Juga

"Dia memiliki kharisma sebagai Tony Stark. Membuatnya memerankan Iron Man adalah salah satu keputusan casting paling berpengaruh yang pernah dibuat dalam sejarah bisnis perfilman," ungkap Nolan, seperti dilansir Variety pada Sabtu (10/2/24).

Nolan juga memuji sosok Downey sebagai seorang aktor. Menurut Nolan, Downey adalah aktor yang mampu menciptakan koneksi secara emosional dan penuh empati dengan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, Downey tak hanya memberikan performa terbaiknya, tetapi juga membuat orang-orang yang bekerja bersamanya ikut memberikan penampilan terbaik.

 

"Sehingga mereka semua bisa memberikan kemampuan terbaik mereka," terang Nolan.

Oleh karena itu, sebagai seorang sineas, Nolan sangat ingin bisa bekerja sama dengan Downey. Nolan ingin memberikan kesempatan kepada Downey untuk bisa menyelami dan menghidupkan karakter baru di dalam film.

Seakan gayung bersambut, Downey juga berharap bisa melepaskan diri dari bayang-bayang Iron Man dengan memerankan karakter baru. Downey sempat merasa khawatir akan kehilangan kemampuan beraktingnya karena terlalu lama memerankan karakter Tony Stark atau Iron Man.

Harapan Nolan untuk bekerja sama dengan Downey akhirnya terwujud melalui film Oppenheimer yang dirilis pada 2023. Dalam film garapan Nolan ini, Downey dipercaya untuk memerankan karakter Lewis Strauss. Performa luar biasa Downey dalam memerankan peran tersebut membuatnya meraih banyak nominasi hingga memenangkan penghargaan dalam berbagai ajang bergengsi. Salah satu penghargaan yang dimenangkan Downey dari peran tersebut adalah Best Supporting Actor - Motion Picture di Golden Globe Awards 2024. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement