Selasa 06 Feb 2024 11:12 WIB

Tingkat Kelangsungan Hidup Penderita Kanker Prostat Stadium I Hingga IV

Kanker prostat sulit dikenali karena biasanya tidak menimbulkan gejala di awal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Penderita kanker prostat  (ilustrasi). Kelangsungan hidup penderita kanker prostat umumnya baik jika didiagnosis sejak dini.
Foto: www.freepik.com.
Penderita kanker prostat (ilustrasi). Kelangsungan hidup penderita kanker prostat umumnya baik jika didiagnosis sejak dini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker prostat termasuk jenis kanker paling umum pada pria. Rata-rata, lebih dari 52 ribu pria di Inggris didiagnosis mengidap penyakit ini setiap tahunnya.

Dilansir Express, Selasa (6/2/2024), penyakit ini sulit dikenali karena biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun sampai kanker telah tumbuh cukup besar. Kanker tersebut memberikan tekanan pada saluran yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari penis, yang dikenal sebagai uretra.

Baca Juga

Artinya, penyakit ini sering kali terdiagnosis ketika sudah ke stadium lanjut. Kelangsungan hidup penderita kanker prostat umumnya baik jika didiagnosis sejak dini. Seperti semua jenis kanker, tingkat kelangsungan hidup menurun seiring dengan perkembangan-perkembangan penyakit.

Beberapa statistik umum berdasarkan kelompok besar orang, yang diterbitkan oleh Cancer Research United Kingdom (UK), mengungkapkan panduan kasar prognosis penderita kanker prostat. Angka-angka yang tersedia untuk setiap tahap kanker prostat di Inggris adalah untuk orang-orang yang didiagnosis antara tahun 2013 hingga 2017.

Stadium satu

Menurut Cancer Research UK, tahap ini berarti kanker hanya menyerang setengah dari satu sisi prostat atau kurang. Pada tahap ini, kelenjar prostat juga sudah terisi penuh.

"Hampir semua orang (hampir 100 persen) akan bertahan hidup dari kanker mereka selama lima tahun atau lebih setelah mereka didiagnosis," ujar badan amal tersebut.

Stadium dua

Ini adalah saat kanker berada di lebih dari separuh satu sisi prostat. Sel kanker masih sepenuhnya terkandung di dalam kelenjar prostat.

"Hampir semua orang (hampir 100 persen) akan bertahan hidup dari kanker mereka selama lima tahun atau lebih setelah mereka didiagnosis," kata badan amal tersebut.

Stadium tiga

Tahap ini terjadi ketika kanker telah menembus lapisan kelenjar prostat dan mungkin telah menyebar ke saluran-saluran yang membawa air mani. Cancer Research UK mengatakan sekitar 95 dari setiap 100 pria (sekitar 95 persen) akan bertahan hidup dari kanker mereka selama lima tahun atau lebih setelah didiagnosis.

Stadium empat

Tahap ini bisa berarti beberapa hal. Kanker telah menyebar ke organ tubuh terdekat, seperti saluran belakang atau kandung kemih, kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya, dan kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain di luar panggul, seperti paru-paru atau hati.

"Sekitar 50 dari setiap 100 pria (sekitar 50 persen) akan bertahan hidup dari kanker mereka selama lima tahun atau lebih setelah mereka didiagnosis," ujar badan amal tersebut.

Selain stadium penyakitnya, ada beberapa hal lain yang dapat memengaruhi prediksi seseorang terkait kanker prostat. Ini sampaikan oleh Prostate Cancer UK.

Skor atau kelompok nilai Gleason

Semakin tinggi skor atau kelompok nilai Gleason Anda, semakin agresif kankernya, dan semakin besar kemungkinan penyebarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement