Kamis 25 Jan 2024 17:00 WIB

Viral Tren Makan Tusuk Gigi Goreng, Pemerintah Korsel Ingatkan Warganya Jangan FOMO

Viral di Tiktok tren makan tusuk gigi goreng yang terbuat dari pati.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Tusuk gigi goreng yang viral di Korea Selatan
Foto: Tangkapan layar X @hee_2458
Tusuk gigi goreng yang viral di Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pemerintah Korea Selatan (Korsel) memperingatkan warganya agar tidak mengikuti tren memakan tusuk gigi yang terbuat dari pati. Tren tersebut tengah viral di platform berbagi video TikTok.

“Keamanannya sebagai makanan belum diverifikasi. Tolong jangan makan (hal tersebut),” kata Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-Obatan Korsel lewat akun X resminya, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga

Klip video yang menunjukkan orang-orang memakan tusuk gigi tepung kanji yang digoreng dengan bumbu seperti keju bubuk telah disukai dan dibagikan ribuan kali di TikTok serta Instagram. Konten makan daring dalam porsi besar cukup populer di Korsel dan dikenal dengan istilah “mukbang”. Tak jarang, sajian yang disantap para kreator mukbang tak biasa.

Tren memakan tusuk gigi yang terbuat dari pati juga mulai diperagakan oleh para kreator mukbang di Korsel. “Renyah sekali,” ujar salah satu kreator dalam video mukbang-nya setelah memakan tusuk gigi berbahan pati.

 

Pewarna makanan digunakan untuk memberi warna hijau pada tusuk gigi, terbuat dari ubi jalar atau tepung jagung, yang dianggap ramah lingkungan dan dapat terurai secara hayati. Sering digunakan di restoran-restoran di Korsel, tusuk gigi juga dapat digunakan untuk mengambil makanan kecil. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement