Rabu 24 Jan 2024 07:16 WIB

Sidik Jari Manusia Sebenarnya Berbentuk 3D, Ini Penjelasan Pakar

Sidik jari manusia terdiri atas tonjolan-tonjolan kecil minyak dari kulit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Sidik jari (ilustrasi). Sidik jari manusia ternyata berbentuk 3D.
Foto: ongov.net
Sidik jari (ilustrasi). Sidik jari manusia ternyata berbentuk 3D.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika menggunakan sidik jari untuk membuka kunci ponsel cerdas, gawai Anda melihat pola dua dimensi untuk menentukan apakah sidik jari tersebut benar, sebelum membuka kuncinya. Tetapi bekas yang ditinggalkan jari Anda pada permukaan tombol sebenarnya adalah struktur 3D yang disebut sidik jari. 

Profesor Elektro‐Optik dan Fotonik serta profesor Teknik Listrik dan Komputer di University of Dayton Partha P Banerjee menulis sidik jari terdiri atas tonjolan-tonjolan kecil minyak dari kulit. Setiap tonjolan hanya setinggi beberapa mikron atau seperseratus ketebalan rambut manusia. 

Baca Juga

Pengidentifikasi biometrik mencatat sidik jari-sidik jari hanya sebagai gambar 2D, dan meskipun ini membawa banyak informasi, masih banyak yang hilang. Sidik jari 2D mengabaikan kedalaman dari sidik jari, termasuk pori-pori dan bekas luka yang terkubur di punggung jari sehingga sulit dilihat. 

“Saya seorang pendidik dan ilmuwan yang mempelajari holografi, bidang penelitian yang berfokus pada cara menampilkan informasi 3D. Laboratorium saya telah menciptakan cara untuk memetakan dan memvisualisasikan sidik jari dalam tiga dimensi dari perspektif mana pun di komputer, menggunakan holografi digital,” ujar Banerjee, dilansir Japan Today, Rabu (24/1/2024). 

Selain itu, Banerjee mengungkapkan para ilmuwan mengategorikan sidik jari-sidik jari sebagai paten, plastik, atau laten, bergantung pada seberapa terlihatnya ketika dibiarkan di permukaan. Sidik jari-sidik jari paten adalah jenis yang paling terlihat. Salah satu contohnya adalah sidik jari berdarah di TKP. 

“Sidik jari-sidik jari plastik ditemukan pada permukaan seperti tanah, air, Play-Doh, atau cokelat-cokelat batangan. Mata manusia dapat melihat sidik jari-sidik jari paten dan plastik dengan cukup mudah,” tulis Banerjee. 

Yang paling tidak terlihat adalah sidik jari-sidik jari yang tersembunyi. Ini biasanya ditemukan pada permukaan keras seperti kaca, logam, kayu dan plastik. Untuk mengetahui sidik jari-sidik jari yang tersembunyi, Banerjee mengatakan, pemeriksa sidik jari harus menggunakan metode fisik atau kimia seperti menaburkan bubuk, membuat reaksi kimia dengan reagen yang sesuai, atau pengasapan sianoakrilat.

Cyanoacrylate membuat lem super dalam bentuk cair, namun sebagai gas dapat membuat bekas jari yang tersembunyi terlihat. Para peneliti mengembangkan cetakan tersebut dengan membiarkan molekul uap sianoakrilat bereaksi dengan komponen dalam residu sidik jari yang tersembunyi.

Dia juga menulis detail geometris pada sidik jari-sidik jari dikategorikan menjadi tiga tingkatan. Level satu mencakup pola punggungan yang terlihat, jadi putaran-putaran,lingkaran-lingkaran dan lengkungan-lengkungan. Level dua mengacu pada hal-hal kecil atau detail-detail kecil, seperti percabangan, ujung, mata, dan kait.

Terakhir, fitur level tiga, seperti pori-pori, bekas-bekas luka, dan lipatan-lipatan, terlalu kecil untuk dapat dilihat oleh mata manusia. Di sinilah teknik optik seperti holografi berguna, karena panjang gelombang optik berada dalam urutan mikron, cukup kecil untuk melihat detail kecil pada suatu objek.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement