Rabu 24 Jan 2024 00:04 WIB

Cina Dikabarkan Sudah Kirim Laporan ke AS Sebelum Covid-19 Mewabah, Pandemi Bisa Dicegah?

Covid-19 disebut bisa dicegah jadi pandemi andaikan laporan Cina direspons AS.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi penyebaran  SARS-CoV-2, virus corona tipe baru yang menjadi penyebab Covid-19.
Foto:

Urutan genetik SARS-CoV-2 yang "hampir identik" diserahkan ke GenBank oleh tim peneliti Cina-- yang terpisah dan diterbitkan pada 12 Januari 2020--terungkap dalam surat yang dikirim oleh Melanie Anne Egorin, pejabat senior di Health and Human Services (HHS). Surat itu dikirim kepada para pemimpin House Energy and Commerce Committee dan dipublikasikan pada Rabu (17/1/2024).

Menurut para ahli kesehatan masyarakat yang meninjau dokumen-dokumen tersebut, waktu dua pekan antara menjabarkan Covid-19 dan mempublikasikan temuan-temuan tersebut menyia-nyiakan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang virus baru ini. Waktu dua pekan juga cukup untuk memberikan respons yang tepat pada waktu yang tepat.

"Kegagalan untuk mempublikasikan urutan genetik yang disampaikan oleh Ren 'sangat menyakitkan untuk dikenang' karena dua pekan itu akan membuat perbedaan nyata dalam kehidupan banyak orang," kata Jesse Bloom, ahli virologi di Pusat Kanker Fred Hutchinson di Seattle, AS.

Asal usul Covid-19 masih menjadi misteri lebih dari tiga tahun setelah pandemi. Apakah virus tersebut berasal dari hewan atau bocor dari laboratorium Cina? Jawaban atas pertanyaan tersebut mempunyai implikasi besar terhadap cara dunia merespons pandemi yang diprediksi akan muncul berikutnya, seperti penyakit X.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement