Selasa 23 Jan 2024 11:44 WIB

Grup K-Pop yang Bubar Meski Sedang Berada di Puncak Karier

Beberapa grup K-pop bubar di tengah puncak popularitas karena berbagai alasan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop 2NE1. 2NE1 menjadi salah satu grup K-pop yang hubar di tengah popularitasnya.
Foto: AP/Amy Harris/Invision
Grup K-pop 2NE1. 2NE1 menjadi salah satu grup K-pop yang hubar di tengah popularitasnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam dunia K-pop yang dinamis, beberapa grup harus mengakhiri perjalanan mereka di puncak popularitas karena berbagai alasan. Mulai dari keadaan tak terduga, pemenuhan kontrak, hingga skandal.

Dilansir Koreaboo pada Selasa (23/1/2024), berikut adalah beberapa kelompok K-pop yang memutuskan bubar saat berada di puncak popularitas mereka:

Baca Juga

1. SISTAR

Girl group SISTAR yang debut pada 2010 di bawah Starship Entertainment terus mendapat popularitasnya dengan setiap comeback. Namun, salah satu dari pemilik julukan “Queens of Summer" itu mengejutkan semua orang dengan pembubaran mereka pada 2017.

2. I.O.I

Sebagai grup proyek dari franchise Produce 101, IOI debut pada 2016. Grup ini dibubarkan kurang dari setahun kemudian, sebelum mereka dapat memanfaatkan sepenuhnya popularitas mereka.

3. Seo Taiji and Boys

Seo Taiji and Boys, trio legendaris yang terbentuk pada 1991, mencapai puncak kesuksesan sebelum bubar pada 1996. Seo Taiji mengumumkan pengunduran dirinya pada 1996, sehingga grup ini harus membubarkan diri.

4. Pristin

Girl group Pristin yang debut pada 2016 mendapat perhatian besar. Namun, setelah mendebutkan unit Pristin V, grup ini dibubarkan, dan spin-off Hinapia juga bubar dalam waktu kurang dari setahun karena kontroversi internal.

5. HOT

Boy group HOT terkenal sukses dari 1996 hingga 2001. Namun, grup ini mengalami perselisihan kontrak yang menyebabkan pembubaran mereka, bahkan ketika SM Entertainment mendapatkan protes dari para penggemar.

6. X1

Grup proyek Produce 101, X1 mengalami nasib buruk setelah hanya beberapa bulan debut. Skandal manipulasi suara dalam acara Produce 101 menyebabkan pembubaran grup ini.

7. Miss A

Grup Miss A dari JYP Entertainment aktif dari 2010 hingga 2015. Namun, setelah setengah dari anggotanya meninggalkan perusahaan, grup ini harus membubarkan diri.

8. 2NE1

2NE1 yang aktif dari 2009 hingga 2014 mendominasi tangga lagu dengan hits mereka. Namun, YG Entertainment secara mendadak membubarkan grup tersebut yang mengejutkan anggota dan penggemar.

9. Wanna One

Grup proyek Produce 101, Wanna One, bertahan lebih lama daripada kebanyakan grup proyek lainnya. Meskipun mencapai kesuksesan besar, grup ini bubar pada 2019, setelah kontrak mereka berakhir.

TVXQ

Hingga kini TVXQ tetap kuat sebagai duo dengan Yunho dan Changmin, lineup lima anggota asli pernah membuat grup ini berada di puncak popularitasnya. Namun, Kim Jaejoong, Kim Junsu (Xia), dan Park Yoochun meninggalkan grup setelah mengajukan gugatan yang mengguncang industri K-pop. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement