Jumat 19 Jan 2024 00:04 WIB

Pro Palestina Banget, Penyanyi Dua Lipa Ungkap Alasan di Balik Sikapnya

Dua Lipa disebut antisemit oleh kalangan pro Israel.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Inggris keturunan Albania, Dua Lipa. berpose di karpet merah 2023 Met Gala, New York, AS, 1 Mei 2023. Dua Lipa terkenal dengan sikapnya yang pro Palestina.
Foto:

Lipa lalu menggunakan media sosialnya untuk menyuarakan kecaman terhadap upaya penggusuran tersebut. Lipa mengungkapkan bahwa dia berdiri bersama semua orang yang tertindas dan mengecam semau bentuk rasisme.

"Ini adalah kehidupan dan rumah-rumah orang tak bersalah. Dunia perlu mengintervensi dan menghentikan ini. Tak boleh lagi ada pembersihan etnis," tulis Lipa melalui media sosial kala itu, seperti dilansir dari laman resmi BDS Movement.

Pernyataan Lipa tersebut lalu dipelintir hingga membuatnya dianggap sebagai sosok antisemit. The New York Times bahkan memuat sebuah iklan provokatif yang dipasang oleh Rabbi Shmuley Boteach dari World Values Network.

Iklan tersebut menyebut nama Lipa dan sejumlah selebritas lain sebagai sosok antisemit karena menuduh Israel melakukan pembersihan etnis di Palestina. Lipa dan para selebritas dalam iklan tersebut juga disebut telah memberikan fitnah keji kepada Israel.

Bukan tanpa alasan Lipa kerap menunjukkan solidaritas untuk orang-orang yang tertindas akibat perang. Orang tua Lipa juga merupakan korban peperangan yang harus meninggalkan negara asal mereka dan menjadi pengungsi di London, Inggris.

"Keberadaan saya cukup politis, mengingat fakta bahwa saya tinggal di London karena orang tua saya melarikan diri dari perang. Saya bisa memahami perasaan orang-orang yang harus meninggalkan rumah mereka," jelas perempuan keturunan Albania tersebut.

"Ketika saya ingin berbicara tentang sesuatu, saya berharap orang-orang bisa melihat itu apa adanya dan menyadari tak ada niat jahat di sana," ungkap Lipa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement