Jumat 12 Jan 2024 01:46 WIB

Pesawat Pikachu Jet GA1 Siap Terbang 23 Februari 2024

Pikachu Jet GA1 akan diterbangkan ke hampir seluruh rute domestik Indonesia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Konferensi pers Pokémon Air Adventures Indonesia di Fairmont Jakarta, Kamis (11/1/2024).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Konferensi pers Pokémon Air Adventures Indonesia di Fairmont Jakarta, Kamis (11/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat Pikachu Jet GA1 siap mengudara di langit Indonesia mulai 23 Februari 2024. Pesawat dengan desain khusus serba-Pokémon tersebut akan memiliki rute penerbangan perdana Jakarta-Denpasar, menyusul ke sejumlah destinasi lain di waktu mendatang. 

Kehadiran pesawat tersebut merupakan bagian dari proyek Pokémon Air Adventures. Kolaborasi itu melibatkan kemitraan antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Garuda Indonesia, dan The Pokémon Company.

Baca Juga

Direktur Layanan dan Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Ade R Susardi, menyampaikan desain Pokémon dihadirkan di dua pesawat Boeing 737-800 NG. Pada 22 Februari 2024, sehari sebelum penerbangan, akan dilakukan presentasi penerbangan di hanggar Garuda Indonesia.

"Ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi peluncuran MOU di tahun lalu. Terdapat 10 jenis Pokémon yang ada di livery badan pesawat, terinspirasi keindahan budaya dan kekayaan alam Indonesia," kata Ade pada konferensi pers Pokémon Air Adventures Indonesia di Fairmont Jakarta, Kamis (11/1/2024). 

 

Penggemar Pokémon tentunya tidak asing dengan sejumlah Pokémon tersebut. Pada satu sisi badan pesawat, digambarkan tema lautan, dengan Pokémon tipe air seperti Squirtle, Horsea, Finneon, dan Mantine. Ada juga Butterfree dan Pikachu dengan balon. 

Sementara, di sisi lain pesawat menggambarkan keindahan pegunungan Indonesia. Ada beberapa Pokémon tipe grass (rumput/daun), seperti Bounsweet, Oddish, dan Vileplume. Penumpang pesawat juga akan melihat Aipom dan Eevee yang merupakan Pokémon favorit.

Ade menyampaikan, nantinya Pikachu Jet GA1 akan diterbangkan ke hampir seluruh rute domestik Indonesia, termasuk Yogyakarta, Surabaya, Malang, Lombok, Batam, Makassarz dan lainnya. Begitu juga ke beberapa rute internasional seperti Bangkok, Kuala Lumpur, Singapura, dan Hong Kong.

Penumpang Pikachu Jet GA1 tidak hanya bisa melihat desain pesawat bergambar Pokémon yang imut, tetapi ada sejumlah layanan khusus. "Akan ada layanan tematik bertema Pokémon untuk penumpang, baik pre-flight, in-flight, dan post-flight," ungkap Ade.

Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf RI, Restog Krisna Kusuma, berharap mengudaranya Pikachu Jet GA1 bulan depan semakin mendukung pertumbuhan pariwisata. "Saya berharap kerja sama ini bisa semakin menggerakkan perjalanan wisata," tutur Restog.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement