REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Perhatian dunia pada masalah kemanusiaan di Jalur Gaza, Palestina, terus meningkat. Hal ini tidak terkecuali boikot terhadap brand perusahaan yang diduga pro Israel.
Komite Nasional BDS Palestina juga diketahui membagikan daftar merek produk yang akan diboikot dan menempatkannya dalam beberapa kategori. Banyak merek yang disebut-sebut diboikot di media sosial bukan merupakan bagian dari target boikot BDS yang sebenarnya.
Namun itu telah dimasukkan sebagai target organik, seperti McDonald’s dan Starbucks. Solidaritas untuk kemanusiaan di Gaza juga diikuti oleh warga Korea Selatan, di mana penggemar berbondong-bondong memberitahu idola K-Pop mereka terkait produk yang diboikot.
Banyak idola K-Pop yang diketahui secara sengaja maupun tidak, pernah mempromosikan merek-merek yang diboikot tersebut. Namun, beberapa idola telah memberikan umpan balik atas permintaan penggemar.
Berikut beberapa idola yang menghapus postingan mereka berkaitan dengan produk yang sedang diboikot, seperti dilansir dari laman Koreaboo, Kamis (11/1/2024).
1. Giselle dari aespa
Tahun lalu, Giselle aespa menyertakan foto yang menampilkan McDonald's dalam postingan dump foto di Instagram melalui akun aerichandesu. Pada bulan Januari, sang idola menghapus foto dari postingan tersebut menyusul pemberitahuan dari penggemar. Postingan Giselle berkurang dari 10 menjadi tujuh foto setelah dihapus.
2. Seonghwa dan Hongjoong ATEEZ
Seonghwa dan Hongjoong ATEEZ masing-masing berbagi foto yang menampilkan item dari Starbucks di Instagram dan platform media sosial KQ. Namun setelah banyak komentar dari penggemar, masing-masing idola itu pun menghapus postingannya.
3. Jeon Somi
Jeon Somi mendapat banyak kritik atas video yang dibagikan di TikTok di mana logo Starbucks terlihat jelas. Sang idola kemudian menghapus video tersebut tetapi masih menerima kritik atas postingan tersebut.
Lanjut ke halaman berikutnya....