Sabtu 06 Jan 2024 00:11 WIB

Asam Jawa Digadang Jadi Flavor of the Year 2024, Apa Spesialnya Bumbu Masak Ini?

Asam jawa dinilai bukan sekadar bahan memasak biasa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Asam jawa terkenal sebagai rempah yang kaya manfaat.
Foto: Jcomp on Freepik
Asam jawa terkenal sebagai rempah yang kaya manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Produsen rempah dan bumbu McCormick & Company menobatkan asam jawa sebagai "Flavor of the Year". Mereka memprediksi bahwa asam jawa akan menjadi bahan memasak yang esensial di berbagai belahan dunia dan meraih popularitas besar pada 2024.

Pemilihan asam jawa sebagai Flavor of the Year ini dituangkan oleh McCormick & Company dalam laporan tahunan mereka, Flavor Forecast. Proses pemilihan asam jawa (tamarind) sebagai Flavor of the Year melibatkan sekelompok ahli yang terdiri dari 50 orang dan berasal dari berbagai negara.

Baca Juga

Menurut executive chef dan manajer senior di Culinary Development US Consumer di McCormick, Hadar Cohen Aviram, bahan memasak yang asam seperti asam jawa bukanlah sekadar bahan memasak biasa. Penambahan asam jawa dapat membuka semua indra, meningkatkan nafsu makan, hingga membantu proses memasak tanpa sumber panas.

Selain itu, asam jawa juga dapat digunakan untuk menambah layer rasa hingga tekstur pada suatu sajian makanan dan minuman dengan cara yang kreatif. Penambahan asam jawa pun bisa memberikan pengalaman menikmati rasa makanan dan minuman secara optimal.

"Semua tren yang kita lihat tahun ini, bisa kita lihat pada satu rasa ini (asam Jawa)," ujar Aviram kepada CNN, seperti dilansir New York Post pada Jumat (5/1/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement