Ahad 31 Dec 2023 18:51 WIB

Fatherless Berdampak Bahaya, 4 Tips Perkuat Hubungan Ayah-Anak

Ayah perlu meluangkan waktu dengan anak sebanuak mungkin.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi ayah dan anak laki-laki.
Foto: Freepik
Ilustrasi ayah dan anak laki-laki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara fatherless, atau dalam artian kurangnya peran ayah dalam sebuah keluarga. Meski peringkat Indonesia di dunia masih diperdebatkan karena belum ditemukan riset yang resmi, namun kondisi fatherless dianggap bisa sangat terasa di masyarakat.

Padahal tentu saja mengasuh anak bukan hanya menjadi tanggung jawab seorang ibu. Seorang ayah perlu mengambil peran yang lebih sentral dalam pengasuhan anak. 

Baca Juga

Dampak fatherless bisa menyebabkan kurangnya kepercayaam diri anak, hambatan dalam pembentukan identitas diri, menurunnya performa akademis dan lainnya. Sementara itu, ada banyak riset tentang manfaat peran ayah dalam pengasuhan.

Anak-anak akan lebih mampu mengembangkan pemahaman yang sehat tentang siapa diri mereka ketika kedua orang tua sama-sama terlibat dalam kehidupan anak selama masa pertumbuhannya. Namun, berperan dalam pengasuhan bagi seorang ayah mungkin bisa menjadi hal yang sangat menantang. 

Berikut empat tips mengasuh anak yang didukung penelitian untuk membantu seorang ayah lebih dekat dengan anak, seperti dilansir dari laman Psychology Today, Ahad (31/12/2023).

1. Tertarik dan terlibat dalam kehidupan anak

Anak perlu merasakan dukungan ayah mereka. Jadi, ayah perlu menyedikan waktu bagi mereka sebanyak mungkin.

Perhatikan hal-hal yang anak minati. Misalnya, jika anak menyukai bintang, ajaklah mereka ke planetarium, tonton film dan dokumenter tentang topik tersebut, dan bacakan untuk mereka tentang hal tersebut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beradaptasi dengan sifat anak dan mendukung minat mereka akan menghasilkan konsekuensi perkembangan yang diinginkan. Bagkan akan lebih baik daripada jika orang tua mengambil pendekatan untuk menanamkan minat Anda pada mereka.

Ayah juga dapat menunjukkan dukungan kepada anak dengan hadir pada acara-acara khusus mereka, berinteraksi dengan lingkaran pertemanan mereka, dan membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah. Merencanakan aktivitas rekreasi rutin seperti jalan-jalan, liburan akhir pekan, dan menonton film malam juga dapat menguntungkan. Kuncinya adalah terlibat secara aktif dan hadir dalam kehidupan anak .

2. Jangan segan-segan bicara dengan anak perempuan

Membantu anak perempuan melewati masa transisi pubertas dapat menjadi tantangan bagi para ayah. Pendekatan terbaik adalah jujur tentang apa yang dia alami terkait hormon, emosi, dan menstruasi. Beri pemahaman menormalisasi masa pubertas dan berdialog terbuka tentang perubahan yang terjadi pada tubuhnya.

Penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan ayah sejak dini dengan anak perempuannya dikaitkan dengan penurunan risiko pubertas dini, penurunan pengalaman seksual dini, dan penurunan kehamilan remaja.

Ini mungkin membuat ayah merasa canggung atau bahkan menguji kesabaran Anda, namun pastikan untuk tidak mengabaikan hal yang dialami anak. Bahkan, sampai berpura-pura hal itu tidak terjadi.

Ingatlah bahwa ini bisa menjadi fase yang membingungkan dan membebani putri Anda. Cobalah untuk membuatnya lebih mudah dengan memberi tahu dia bahwa dia dapat dengan nyaman berbicara dengan Anda tentang segala hal. Berapa pun usianya, anak-anak selalu membutuhkan kasih sayang, dukungan, dan kepastian, termasuk pelukan dari ayahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement