Rabu 27 Dec 2023 23:29 WIB

Red: Agung Sasongko

Aktor Korea Lee Sun-Kyun, Wasiat, dan Dugaan Bunuh Diri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Aktor Korea Selatan, Lee Sun-kyun — pemeran Dong Ik, ayah keluarga kaya raya dalam film Parasite — ditemukan tewas di dalam sebuah mobil, Rabu (27/12) pagi. Mobil itu terparkir di sebuah taman di ibu kota Seoul. Polisi sebut istrinya menemukan sebuah surat yang diduga wasiat, seperti dilansir kantor berita Yonhap.

Lee wafat di tengah kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang tengah menjerat dirinya dalam beberapa bulan terakhir. Agensi Lee, Hodu & U Entertainment menyatakan pemakaman Lee akan digelar secara tertutup. "Kami sangat terpukul dan sedih …. Mohon menahan diri agar tidak menyebar spekulasi atau informasi yang salah (terkait Lee)," kata pihak agensi.

Lee mulai dikenal dunia setelah Parasite berhasil menyabet Oscars pada 2020. Ia juga memenangkan Screen Actors Guild Award pada 2021, serta meraih nominasi aktor terbaik dari film Dr. Brain dalam International Emmy Awards pada tahun lalu. Tahun ini, dua film Lee diundang dalam Cannes Film Festival ke-76, seperti dilansir Yonhap. Di Korea Selatan, kariernya dimulai sejak muncul dalam video klip pada 1999 dan membintangi serial drama "Coffee Prince", "Pasta", hingga "My Mister".