Selasa 26 Dec 2023 22:38 WIB

Tren Kecantikan yang Diprediksi Bakal Populer pada 2024

Pada 2024 diprediksi ada pergeseran menuju perawatan diri terutama di kalangan Gen Z.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kuas makeup (ilustrasi). Ada beberapa tren kecantikan yang diprediksi bakal muncul oada 2024.
Foto: www.freepik.com
Kuas makeup (ilustrasi). Ada beberapa tren kecantikan yang diprediksi bakal muncul oada 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pinterest dengan basis 482 juta pengguna telah menjadi salah satu aplikasi yang berada di garis depan dalam menentukan tren global. Laporan Pinterest Predicts tahun 2024 memberikan gambaran sekilas tentang tren yang akan muncul pada tahun depan.

Prediksi Pinterest menunjukkan adanya pergeseran menuju estetika yang berani, perawatan diri, dan ekspresi individu, terutama di kalangan demografi Gen Z. Tren-tren ini menunjukkan meningkatnya keinginan akan personalisasi dan kemewahan dalam kecantikan dan mode. Itu mencerminkan selera dan prioritas generasi muda yang terus berkembang. 

Baca Juga

Ketika tren-tren ini mendapatkan momentumnya, kemungkinan besar akan membentuk lanskap kecantikan dan mode pada tahun mendatang. Berikut ini tiga tren kecantikan Gen Z terbesar tahun 2024, seperti dilansir dari laman Hello Magazine, Selasa (26/12/2023):

1. Nuansa biru

Salah satu tren yang akan menonjol pada 2024 adalah bernuansa biru atau disebut Blue Beauty. Riasan aquamarine kembali populer, khususnya di kalangan Gen Z dan Milenial. Pada 2024, Gen Z dan Milenial diperkirakan akan mencari make-up blue glam dan eyeshadow biru pastel. 

"Mereka menemukan cara untuk memasukkan bahan pokok tahun 60-an ini ke dalam rutinitas kecantikan modern mereka,” jelas Pinterest.

Keunggulan rona biru ini bisa terlihat cocok pada semua warna kulit. Tren ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penelusuran untuk eyeshadow biru (65 persen), kuku berwarna biru cerah (260 persen), riasan prom biru muda (70 persen), tampilan riasan aqua (100 persen) dan riasan quince biru (85 persen). Hal ini menunjukkan pergeseran ke arah pilihan riasan yang lebih hidup dan ekspresif, memadukan nostalgia dengan gaya kontemporer.

2. Head to Glow

Tren besar lainnya adalah concern terhadap perawatan tubuh, "Head to Glow". Pada 2024, generasi Baby Boomer dan Generasi Z diperkirakan akan berinvestasi besar-besaran pada produk losion bagus dan pengalaman spa di rumah. “Pada 2024, perawatan tubuh akan mengalami momen besar,” demikian menurut Pinterest.

Boomer dan Gen Z akan mencari losion yang bagus untuk kulit, pengalaman spa di rumah, dan kebutuhan SPF. Minat terhadap tabir surya meningkat 75 persen, kemudian estetika pelembap tubuh (245 persen), estetika spa (60 persen) dan rutinitas perawatan kulit tubuh (1,025 persen).

Lalu perawatan tubuh secara keseluruhan (845 persen). Tren ini menyoroti semakin besarnya fokus konsumen terhadap kecantikan dan kesehatan holistik, tidak hanya mencakup perawatan kulit wajah, namun juga seluruh tubuh.

3. Make It Big

Tren ini menandakan pergerakan menuju aksesori kecantikan dan fashion yang lebih besar dari kehidupan. Milenial dan Gen Z diperkirakan akan mengadopsi gaya yang melengkapi estetika dan aksesori untuk rambut mereka. “Kecantikan dan pernak-pernik akan menjadi lebih besar, lebih berani, dan lebih cemerlang pada 2024,” kata Pinterest.

Generasi Milenial dan Gen Z akan memilih kemewahan, perhiasan pahatan dan aksesori yang sangat indah. Hal ini tercermin dari meningkatnya popularitas model chunky hoop (45 persen), gaya rambut kepang besar, ikal bergelombang untuk pria, dan lainnya. Tren ini menggarisbawahi preferensi terhadap karya-karya yang berani dan tegas yang mencerminkan individualitas dan kepercayaan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement