Selasa 26 Dec 2023 18:17 WIB

Tips Bangun Lebih Awal Meski Tidur Hingga Larut Malam

Pertahankan waktu bangun yang konsisten, misalnya bangun untuk sholat Subuh.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Ini tips Bangun Lebih awa untuk menghindari tidur terlalu malam.
Foto: Dok. Freepik
Ini tips Bangun Lebih awa untuk menghindari tidur terlalu malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuntutan pekerjaan di kantor atau kesibukan di rumah kerap mengharuskan sebagian orang tidur hingga larut malam. Padahal, keesokan harinya, mereka harus kembali bangun pagi untuk beribadah, bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya.

Hal itu bisa memicu kurang tidur, sulit bangun meski mengatur jam alarm berkali-kali, serta kelelahan fisik. Ahli gizi dan pendiri perusahaan suplemen peningkatan kualitas tidur Upgraded Formulas, Barton Scott, mengatakan penyebab utama sulit bangun di pagi hari adalah terjaga hingga larut. 

Baca Juga

"Terjaga hingga larut malam, sebagai sebuah konsep, tidak selaras dengan ritme sirkadian normal tubuh. Hal ini dapat disebut dengan chrono-misalignment, dan ketidakselarasan ini menyebabkan kesulitan dalam tidur, tertidur lebih awal dari yang diharapkan, dan ketiduran di siang hari," kata Scott.

Ada beberapa hal lain yang bisa memicu sukar tidur, seperti tidur siang terlalu lama, tidur siang yang terlambat di akhir sore, mengonsumsi kafein di sore hari, juga makan "berat" atau minum alkohol beberapa jam sebelum tidur. Mengakses gawai jelang waktu tidur atau suhu kamar yang tidak tepat juga berkontribusi. 

Baca juga, Rasulullah Anjurkan tidak Tidur Usai Sholat Subuh, Ini Manfaatnya

Kontributor lain, mungkin yang terbesar, adalah bahwa beberapa orang mungkin tidak termasuk morning person atau yang secara alami bangun di awal hari. Namun, ada beberapa cara untuk membantu terjaga lebih awal dan siap memulai hari sebagai berikut, dikutip dari laman CNET, Selasa (26/12/2023). 

1. Sesuaikan alarm

Sesuaikan alarm di ponsel atau jam beker untuk membantu terjaga di pagi hari. Saat baru mengupayakan bangun lebih awal, setel alarm 15 menit lebih awal dari waktu yang diinginkan. Lakukan setiap beberapa hari, dan teruskan hingga mencapai waktu bangun ideal. 

2. Hindari tidur siang

Jika memungkinkan, hindari tidur siang. Namun, apabila mustahil, pertahankan waktu tidur siang yang tidak terlalu lama. Hal ini perlu dilakukan agar di malam hari seseorang tidak kesulitan tidur dan keesokan harinya akan semakin sulit untuk bangun di awal waktu. 

Lanjut di halaman berikutnya....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement