Jumat 15 Dec 2023 21:41 WIB

Anak Prematur Cenderung Bodoh? Simak Penjelasan Dokter Anak

Perlu pencegahan sejak dini dengan menjaga kesehatan ibu sejak sebelum kehamilan.

Ilustrasi bayi.
Foto:

Di usia kandungan 26-36 minggu terjadi percepatan pertumbuhan otak lima kali lipat. Ia menekankan pentingnya pemberian nutrisi pada ibu pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) atau sejak usia 0-2 tahun.

 

"Perhatiannya bukan hanya saat dia lahir, tetapi jauh sebelum lahir," katanya.

 

Ia menjelaskan bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu. Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, bayi prematur dikategorikan menjadi bayi amat sangat prematur dengan usia gestasi atau hari pertama masa haid normal terakhir kurang dari 28 minggu, sangat prematur dengan usia gestasi 28-32 minggu, dan prematur moderat-terlambat dengan usia gestasi 32-36 minggu.

 

Rina juga memaparkan lima isu terkait bayi prematur di Indonesia, yakni bayi prematur memerlukan pematangan paru sebelum lahir dan surfaktan atau senyawa yang penting agar paru-paru dapat mengembang sempurna.

Kemudian, bayi prematur memerlukan nutrisi optimal agar dapat tumbuh dengan baik seperti bayi lainnya. Selain itu, perawatan bayi prematur memerlukan biaya besar, dan bayi prematur memerlukan pemantauan berkala.

Menurutnya, demi menjaga bayi...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement