Jumat 08 Dec 2023 15:59 WIB

Lima Sutradara Superhero Terbaik, Ada Favoritmu?

Sutradara berkontribusi membuat film superhero lebih menonjol dan selalu dikenang.

Rep: Meiliza Laveda / Red: Friska Yolandha
Salah satu adegan film Spider-Man 3 karya Sam Raimi.
Foto: Dok. Sony
Salah satu adegan film Spider-Man 3 karya Sam Raimi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film superhero masih memiliki penggemar tersendiri meskipun sedang mengalami penurunan minat penggemar karena memiliki banyak antarfilm. Marvel, DC, dan Dark Horse memiliki banyak karakter imajinatif yang berhasil diadaptasi ke layar lebar.

Namun, di antara banyaknya film superhero, hanya beberapa yang meninggalkan kesan kuat. Ini tidak lain berkat kontribusi sutradara yang membuat film menonjol di antara film superhero lain. 

Baca Juga

Berikut daftar sutradara film superhero terbaik, seperti dilansir CBR, Jumat (8/12/2023).

1.Anthony dan Joe Russo

Di antara daftar panjang film dan acara Marvel Cinematic Universe (MCU), sutradara Anthony dan Joe Russo memiliki salah satu rekam jejak kualitas yang paling konsisten. Empat film yang mereka sutradarai, yaitu The Winter Soldier, Civil War, Infinity War, dan Endgame adalah beberapa proyek MCU yang paling dipuji hingga saat ini.

 

Setiap film berhasil menyulap ansambel yang penuh dengan konflik. Film-film ini tidak hanya mengangkat karakter Captain America tetapi juga MCU secara keseluruhan.

2. Christopher Nolan

Christopher Nolan menyutradarai dan ikut menulis tiga karakter film yang memuaskan dan penuh kemenangan untuk Bruce Wayne yang diperankan Christian Bale. Sejak itu, Bale menjadi bintang paling ikonik yang memerankan Dark Knight.

Ketajaman Nolan dalam menciptakan epos kejahatan yang menarik dan drama berbasis karakter membuat Batman kembali menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan di layar lebar. Hingga saat ini, The Dark Knight yang sangat menegangkan menjadi salah satu pencapaian terbesar sutradara. Meskipun The Batman karya Robert Pattinson telah mendapatkan ketenaran dari para penggemar, trilogi Nolan masih dianggap sebagai puncak sinema superhero.

3.Sam Raimi

Dalam hal karakter superhero individu, Spider-Man telah menjadi raksasa arus utama terbesar. Ada beberapa versi Spiderman, tetapi garapan Sam Raimi yang terbaik.

Meskipun trilogi terasa terlalu penuh dengan karakter dan subplot, Raimi pantas mendapatkan pujian atas keseluruhan pandangannya terhadap Spider-Man. Dia memadukan kebebasan kreatif dengan penghormatan penuh kasih pada komik.

4.Brad Bird

Setelah menyutradarai salah satu film animasi 2D paling emosional dalam bentuk The Iron Giant, sutradara Brad Bird menggarap kisah superhero orisinal dengan The Incredibles. Karena genre superhero biasanya menggunakan bahan sumber buku komik untuk mengadaptasinya, baik secara langsung atau longgar, film Pixar ini adalah jenis yang langka.

The Incredibles dengan cerdik memadukan tema-tema masa depan, dinamika keluarga yang menyentuh, dan sindiran di sitkom TV. Arahan Brad Bird dan bakat visual Pixar Animation Studios

membuat fitur-fitur ini menonjol. Banyak penggemar bahkan memandang Brad Bird sebagai calon sutradara untuk film Fantastic Four mendatang.

5.Matthew Vaughn

Meskipun resumenya dalam genre ini tidak banyak, Kick-Ass dan X-Men: First Class karya Matthew Vaughn menjadi sorotan pada masanya. Dia memadukan aksi dan komedi dengan baik.

Di saat yang bersamaan, dia juga melakukan pekerjaan kuat dengan memberikan dunia X-Men Fox sebuah soft reboot yang mendebarkan dengan First Class. Vaughn menunjukkan bagaimana dia unggul dalam mengarahkan pemain dan menangkap dinamika tim yang beragam dari Marvel Mutants klasik.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement