Jumat 08 Dec 2023 13:46 WIB

Sst, Ini Dia Rumor Heboh Soal IPhone 16

Rumor iPhone 16 sudah bermunculan menyusul rilis iPhone 15.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tak lama berselang setelah rilis iPhone 15, kini telah beredar rumor seputar iPhone 16.
Foto: EPA-EFE/RUNGROJ YONGRIT
Tak lama berselang setelah rilis iPhone 15, kini telah beredar rumor seputar iPhone 16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ponsel terbaru besutan Apple, iPhone 15, dirilis pada September 2023. Dua bulan berselang, rumor tentang ponsel generasi berikutnya yang kemungkinan akan diberi nama iPhone 16 sudah mulai bermunculan dan terus diperbincangkan penggandrung teknologi.

Desas-desus tentang iPhone 16 termasuk tampilan baru yang hemat daya, layar yang lebih besar, lensa zoom yang lebih baik, dan serangkaian fitur generatif yang didukung kecerdasan buatan (AI). Berikut rinciannya, dikutip dari laman CNET, Jumat (8/12/2023). 

Baca Juga

 

1. Layar lebih besar

Apple telah mempertahankan dua ukuran layar untuk model iPhone Pro sejak tahun 2020 ketika meluncurkan iPhone 12 Pro 6,1 inci dan iPhone 12 Pro Max 6,7 inci.  Namun, hal itu dikabarkan akan berubah dengan model iPhone 16 Pro, yang mungkin memiliki layar lebih besar.

Analis Ross Young berpendapat model iPhone 16 Pro akan memiliki layar yang lebih besar, dengan ukuran 6,3 inci untuk iPhone 16 Pro dan 6,9 inci untuk iPhone 16 Pro Max. Rumor itu dikuatkan oleh Mark Gurman dari Bloomberg, yang mengatakan model iPhone 16 Pro dapat bertambuh beberapa persepuluh inci.

 

2. Lebih banyak dukungan AI

Salah satu nilai jual paling menonjol dari Google Pixel 8 adalah peningkatan dukungan AI, dan tidak mengejutkan jika Apple mengambil arah yang sama. Menurut buletin Power On yang digagas Mark Gurman, iOS 18 akan menampilkan teknologi AI generatif.

Laporan Information pada September 2023 menyebut pula bahwa Apple berencana menggunakan model bahasa besar, yang merupakan bagian penting dari AI generatif. Berdasarkan kabar itu, fitur diperkirakan dirilis bersamaan dengan pembaruan perangkat lunak iPhone tahun depan.

 

3. Tampilan baru yang lebih hemat daya

Perubahan lain yang mungkin terjadi pada tampilan iPhone 16 adalah efisiensi daya yang lebih besar. Mengutip laporan TheElec, rangkaian material baru yang diberi nama M14 telah dikembangkan khusus dan bakal dihadirkan pada iPhone yang diluncurkan tahun depan.  

Apa keunggulannya? M14 akan menggantikan teknologi fluoresen biru yang digunakan sekarang dengan teknologi pendar biru, sehingga menciptakan layar yang lebih hemat daya dibandingkan layar LTPO yang saat ini digunakan pada model Pro.

 

4. Lensa zoom kamera yang lebih baik

Baik iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max sama-sama diprediksi memiliki lensa telefoto 5x tahun depan. Menurut analis Apple, Ming Chi Kuo, lensa tetraprisma akan hadir di kedua model Pro tahun depan, bukan hanya model Pro Max.

Saat ini, Apple membekali iPhone 15 Pro dengan zoom optik 12 megapiksel 3x, sedangkan iPhone 15 Pro Max memiliki kamera zoom optik 5x 12 megapiksel, setara dengan lensa 120mm pada kamera full-frame. Jika rumor ini benar, ini bisa menandai sebuah terobosan dalam desain.  

 

5. Memakai prosesor chip A18 

Keempat model iPhone 16 dirumorkan bakal mendapatkan chipset Apple generasi berikutnya, yang semuanya akan menerima merek A18, Menurut laporan MacRumors yang mengutip Jeff Pu, analis eksekutif Haitong International Securities, keempat model tersebut  akan memiliki chip seri A18 dengan model iPhone Pro mendapatkan A18 Bionic Pro dan model dasar mendapatkan A18 biasa.

Untuk peluncuran iPhone 16, para analis memperkirakan rentang waktunya tak banyak berubah. Apple menggelar acara peluncuran iPhone di bulan September hampir setiap tahun.

Terkadang, Apple mengubah tanggal rilis untuk model tertentu, terutama saat memperkenalkan desain atau ukuran baru. Jadi, kemungkinan jajaran iPhone 16 akan memiliki lebih dari satu tanggal perilisan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement