Jumat 08 Dec 2023 08:06 WIB

Israel Bersedia Buka Pintu Penyeberangan Kerem Shalom ke Wilayah Gaza

Pembukaan pintu Kerem Shalom memungkinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan masuk Gaza

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
 Seorang petugas keamanan Hamas memeriksa sebuah truk yang memasuki Gaza di gerbang perlintasan kargo Kerem Shalom dengan Israel, di Rafah, Jalur Gaza selatan, Senin, 21 Juni 2021.
Foto: AP/Adel Hana
Seorang petugas keamanan Hamas memeriksa sebuah truk yang memasuki Gaza di gerbang perlintasan kargo Kerem Shalom dengan Israel, di Rafah, Jalur Gaza selatan, Senin, 21 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Israel dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengisyaratkan pada hari Kamis (7/12/2023) bahwa penyeberangan Kerem Shalom di Israel akan segera dibuka untuk memungkinkan lebih banyak pasokan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza, di mana perang Israel-Hamas telah menyebabkan banyak orang kekurangan kebutuhan dasar.

Di Israel, Kolonel Elad Goren, kepala departemen sipil di COGAT (The Coordinator of Government Activities in the Territories), badan koordinasi sipil Israel dengan Palestina, mengatakan kepada para wartawan, "Kami akan membuka Kerem Shalom hanya untuk inspeksi. Itu akan terjadi dalam beberapa hari ke depan."

Baca Juga

Di Jenewa, kepala bantuan PBB Martin Griffiths mengatakan kepada para wartawan bahwa negosiasi sedang berlangsung. "Ada tanda-tanda yang menjanjikan sekarang bahwa hal itu mungkin akan segera dibuka," katanya.

Jika hal itu terjadi, Griffiths mengatakan bahwa hal itu akan menjadi dorongan besar bagi operasi kemanusiaan yang mencari lebih banyak akses ke daerah kantong Palestina yang padat penduduknya, yang telah banyak hancur akibat pemboman Israel dalam perang yang telah berlangsung selama dua bulan ini.

"Ini akan menjadi keajaiban pertama yang kami lihat selama beberapa minggu, tetapi juga akan menjadi dorongan besar bagi proses logistik dan basis logistik operasi kemanusiaan," katanya tentang kemungkinan pembukaan Kerem Shalom.

Ia mengatakan bahwa pihak-pihak yang bertikai lebih bersedia untuk membuka perlintasan tersebut "mungkin tidak sekaligus, tetapi tentu saja secara bertahap".

Bantuan yang saat ini diizinkan masuk ke Gaza hanya melalui penyeberangan Rafah di perbatasan Mesir, yang dirancang untuk penyeberangan pejalan kaki dan bukan truk.

Penyeberangan Kerem Shalom digunakan untuk mengangkut lebih dari 60 persen muatan truk yang masuk ke Gaza sebelum perang meletus pada 7 Oktober. Penyeberangan ini terletak di perbatasan selatan Gaza dengan Israel dan Mesir, dan Griffiths mengatakan bahwa baik Israel maupun Mesir telah menjadi lebih terbuka terhadap gagasan untuk menghidupkan kembali rute tersebut.

Goren mengatakan bahwa sebuah tim COGAT terlibat dalam diskusi dengan Amerika Serikat, PBB dan Mesir tentang bagaimana meningkatkan volume bantuan kemanusiaan. Ia mengatakan Israel ingin agar masyarakat internasional meningkatkan kemampuannya.

"Kami tidak akan menjadi masalah. Kami akan menyesuaikan diri untuk semua kebutuhan. Jika mereka mengatakan kepada kami bahwa ada kebutuhan 200 truk dan mereka memiliki kemampuan untuk mengangkutnya, maka itu tidak menjadi masalah," kata Goren.

Serangan Israel ke Gaza setelah gencatan senjata yang berlangsung singkat telah memaksa ribuan orang mengungsi ke selatan daerah kantong tersebut, sehingga menimbulkan kekhawatiran di kalangan organisasi bantuan dan kesehatan bahwa kepadatan penduduk dan kurangnya makanan serta air bersih dapat menyebarkan penyakit.

Griffiths menyesalkan kondisi upaya bantuan yang genting, dengan mengatakan, "kami tidak memiliki operasi kemanusiaan di Gaza selatan yang dapat disebut dengan nama itu lagi".

"Laju serangan militer di Gaza selatan merupakan pengulangan dari serangan di Gaza utara," tambahnya, merujuk pada bagian daerah kantong yang sebagian besar terputus dari bantuan kemanusiaan.

Griffiths menggambarkan operasi bantuan di Gaza sebagai "oportunisme kemanusiaan terbaik," di mana para pekerja kemanusiaan berjuang untuk mendapatkan pasokan yang paling penting bagi orang-orang yang sangat membutuhkan.

"Ini tidak menentu. Tidak bisa diandalkan," kata Griffiths tentang operasi bantuan tersebut. "Dan sejujurnya, itu tidak berkelanjutan." 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement