Kamis 07 Dec 2023 23:32 WIB

Keluarga Berencana Dirikan Museum Tjutju Widjaja di Bandung

Sebagai penghormatan terhadap seninya Museum Tjutju Widjaja akan dibangung di Bandung

Pameran karya Tjutju Widjaja
Foto: Istimewa
Pameran karya Tjutju Widjaja

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebuah penghormatan dalam memperingati satu tahun wafatnya seniman di bidang seni lukis dan kaligrafi, Doktor ilmu seni rupa dan desain dari Kota Bandung Dr. Tjutju Widjaja S.Sn, M.Sn. Acara ini dihadirkan dalam bentuk perjalanan Karya dan Karsa melalui Pendidikan, Seni dan Sosial dalam rangka mengenali kembali identitas seniman perempuan Tjutju Widjaja.

 

Kegiatan yang berlangsung di Intercontinental Bandung Dago Pakar pada 5-7 Desember 2023 ini juga ditujukan sebagai bagian dari persiapan penyelenggaraan pameran tunggal Tjutju Widjaja di d-Gallerie (Jakarta) pada awal tahun 2024 nanti. Persiapan serta penyelenggaraan kegiatan pameran yang telah beliau kerjakan lebih dari 50 persen itu akan dilanjutkan oleh pihak keluarga  bersama dengan d-Gallerie.

Bekerja sama dengan InterContinental Bandung Dago Pakar yang memberikan dukungan penuh terhadap seniman lokal Bandung, Karya & Karsa diharapkan dapat dinikmati oleh publik selama tiga hari.

 

“Kerja sama ini merupakan bentuk kepedulian InterContinental Bandung Dago Pakar terhadap seni, Pendidikan, dan sosial di Kota Bandung. Diharapkan dengan bentuk kepedulian ini, warga Kota Bandung dapat menjaga kelestarian karya-karya dari seniman lokal Bandung, terutama seniman perempuan,” ujar General Manager InterContinental Bandung Dago Pakar, Pascal Caubo, dalam rilisnya, Kamis (7/12/2023).

 

Bagi warga, komunitas pendidikan, serta komunitas seni dan Budaya di Bandung, sosok Tjutju Widjaja adalah figur istimewa. Sebagian dari catatan dan dokumentasi tentang karya dan karsa beliau kini turut ditampilkan.

Peristiwa peringatan ini tidak semata-mata dinyatakan sebagai cara untuk mengingat-ngingat saja namun yang lebih penting justru menjadikannya sebagai moment untuk terus menghidupkan inisiatif, usaha, tindakan, serta pengorbanan yang telah beliau berikan menjadi gerak kemajuan seni dan budaya di kota Bandung.

Semua kisah pengalaman maupun sikap penghargaan yang dinyatakan oleh publik Bandung bagi beliau akan menjadi bahan catatan dan informasi penting bagi pihak keluarga serta menjadi bagian dari gagasan pendirian Museum Tjutju Widjaja di Bandung.

 

Untuk dikukuhkan sebagai seorang pelukis beliau menempuh jenjang pendidikan formal seni rupa hingga mencapai jenjang tingkat yang tertinggi. Bergerak dari pendekatan kecenderungan realis, Tjutju Widjaja melakukan eksporasi kemungkinan ekspresi yang mampu terus menghidupkan tradisi seni lukis realisme ke dalam arus perkembangan seni rupa kontemporer.

Tentu saja tidak mudah namun karya-karya yang telah diciptakannya mampu memberikan ‘tawaran estetis’ yang berarti tidak hanya bagi perkembangan seni lukis di Bandung tetapi juga bagi seni rupa Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement