Sabtu 02 Dec 2023 14:37 WIB

Apakah Bakteri Wolbachia Bisa Menginfeksi Manusia?

Wolbachia ialah bakteri alami yang terdapat di dalam tubuh serangga, termasuk nyamuk.

Nyamuk Aedes aegypti sebagai penyebab penyakit DBD( (ilustrasi). Penyebaran nyamuk yang mengandung bakteri Wolbachia menjadi strategi baru untuk mengatasi penularan kasus demam berdarah dengue di Indonesia.
Foto:

Anom mengatakan penyakit radang otak Japanese encephalitis memang disebarkan oleh nyamuk. Namun, nyamuk yang menyebarkannya atau sebagai vektornya adalah nyamuk Culex.

Sedangkan yang diinfeksi bakteri Wolbachia di Indonesia adalah nyamuk Aedes aegypti. Hal ini juga telah ditegaskan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu bahwa penyebaran nyamuk Wolbachia dipastikan aman.

 

photo
Tiga fase demam pasien DBD. - (Republika)

 

Inovasi ini, lanjut Maxi, juga telah melalui kajian dan analisis risiko dengan melibatkan peneliti top di Indonesia. Ia juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaannya tetap memerlukan monitoring dan evaluasi secara berkala, sehingga dapat terus memantau dan mengetahui perkembangan dari penyebaran nyamuk Wolbachia.

Dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa terdapat lima kota yang direncanakan Kemenkes dalam penyebaran nyamuk Wolbachia ini, yaitu Jakarta Barat (DKI Jakarta), Bandung (Jawa Barat), Semarang (Jawa Tengah), Bontang (Kalimantan Timur), dan Kupang (Nusa Tenggara Timur). Wilayah ini menjadi sasaran uji coba didasari atas laju kasus dengue yang relatif tinggi, yakni di atas rata-rata global mencapai 10 per 100 ribu populasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement