Rabu 29 Nov 2023 16:38 WIB

Fitur Spotify Wrapped: Kapan Bisa Digunakan dan Bagaimana Cara Mengaksesnya?

Spotify pertama kali merilis fitur Spotify Wrapped pada 2016.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Logo aplikasi Spotify. Fitur Spotify Wrapped memungkinkan pengguna menganalisis kebiasaan mereka mendengarkan lagu sejak setahun lalu.
Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Logo aplikasi Spotify. Fitur Spotify Wrapped memungkinkan pengguna menganalisis kebiasaan mereka mendengarkan lagu sejak setahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah waktunya bagi Spotify untuk merilis fitur khusus Wrapped 2023. Fitur ini memberi pengguna analisis yang dipersonalisasi tentang kebiasaan mendengarkan musik mereka dari setahun lalu. 

Dilaporkan laman Independent, Rabu (29/11/2023), layanan streaming musik ini pertama kali merilis Spotify Wrapped pada 2016. Statistiknya memberikan penggemar musik, artis, album, lagu, dan podcast yang paling banyak didengarkan. Juga beberapa hal lainnya untuk dibagikan kepada teman-teman mereka. Belum diumumkan kapan Spotify Wrapped 2023 akan dirilis, tetapi mengingat beberapa tahun terakhir, dapat diasumsikan bahwa penggemar dapat memperkirakannya akan diluncurkan akhir pekan ini.

Cara mengakses 

Bagi yang tertarik untuk menggunakan fitur ini, Anda harus menjadi pelanggan Spotify. Fitur tersebut kemungkinan akan muncul secara otomatis saat Anda membuka aplikasi.

 

Namun jika tidak, Anda dapat mengunjungi situs web Spotify atau memeriksa bagian beranda aplikasi dan Spotify Wrapped akan ada di sana. Streamer dilaporkan telah menggoda pengguna dengan pemberitahuan untuk rilis Wrapped mendatang.

“Apakah angka tahun ini akan lebih tinggi atau lebih rendah? Semuanya akan segera terungkap di Wrapped 2023 Anda,” bunyi salah satu peringatan.

Sebelumnya terdapat kebingungan mengenai apakah musik yang didengarkan setelah bulan Oktober dimasukkan dalam data Wrapped atau tidak. Pada bulan lalu, Spotify mengonfirmasi di X bahwa musik yang didengarkan setelah tanggal 31 Oktober memang dihitung.

Selagi menantikan Spotify Wrapped 2023 terungkap, pengguna dapat melihat kompilasi Lagu Teratas Global tahun 2022 . Lima lagu teratas yang paling banyak didengarkan tahun lalu adalah “As It Was” milik Harry Styles, “Heat Waves” milik Glass Animals, “STAY (dengan Justin Bieber” milik The Kid LAROI), serta “Me Porto Bonito” dan “Tití Me Preguntó” milik Bad Bunny. Taylor Swift adalah artis yang paling banyak streaming di Inggris pads tahun lalu, sementara Bad Bunny meraih gelar global selama tiga tahun berturut-turut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement