Kamis 23 Nov 2023 00:05 WIB

Blackpink Bertemu Raja Charles di Istana Buckingham, Ngapain Ya?

Keempat anggota Blackpink mendapatkan gelar kehormatan MBE.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Jisoo (3-R), a member of K-pop girl group BLACKPINK, receives the Honorary Member of the Order of the British Empire from Britain
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Jisoo (3-R), a member of K-pop girl group BLACKPINK, receives the Honorary Member of the Order of the British Empire from Britain

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Girl band Korea Selatan Blackpink menghadiri jamuan makan malam Kenegaraan di Istana Buckingham, London, Inggris, pada Selasa (21/11/2023) malam. Jamuan ini juga termasuk dalam bagian penyambutan Raja Charles kepada Presiden Korea Yoon Suk Yeol dan ibu negara, Kim Keon Hee dalam kunjungan kenegaraan pada 21-23 November. Ini adalah kunjungan kenegaraan kedua yang diselenggarakan oleh Raja pada masa pemerintahannya.

Jamuan tersebut digelar secara mewah untuk menghormati kunjungan kenegaraan. Jennie, Jisoo, Lisa dan Rosé termasuk di antara sekitar 170 tamu yang hadir, bahkan menerima sapaan dari Raja Charles, yang berusia 76 tahun, selama pidatonya.

Baca Juga

Apa saja yang terjadi dalam jamuan tersebut? Raja Charles mengawali pidatonya dengan sambutan dalam bahasa Korea, yang disambut dengan tepuk tangan. Dia memuji hubungan antara Korea Selatan dan Inggris, serta mengapresiasi langkah Korea Selatan dalam keberlanjutan. Dalam pidato juga dibahas tujuan jangka panjang yang dekat dengan kedaulatan dan dampak dari Blackpink sendiri.

“Sangat menginspirasi melihat generasi muda Korea merangkul perjuangan ini. Saya memuji Jennie, Jisoo, Lisa dan Rosé, yang lebih dikenal sebagai Blackpink, atas peran mereka dalam menyampaikan pesan kelestarian lingkungan kepada khalayak global sebagai Duta Kepresidenan COP 26 di Inggris, dan kemudian sebagai advokat untuk PBB Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” kata Raja Charles, seperti dikutip dari laman People, Rabu (22/11/2023).

Seperti yang terlihat dalam video Sky News yang dibagikan ke X oleh Pop Base, Blackpink tampak saling bertukar pandang saat Raja menyampaikan pidatonya. Raja mengatakan hanya bisa mengagumi bagaimana girl band itu dapat memprioritaskan isu-isu penting, serta menjadi superstar global. 

“Sedihnya, ketika saya berada di Seoul bertahun-tahun yang lalu, saya tidak yakin saya mengembangkan banyak hal yang disebut Gangnam Style!,” kata dia merujuk pada kunjungan terakhirnya ke ibu kota Korea Selatan pada tahun 1992 (bersama Putri Diana, beberapa minggu sebelum diumumkan bahwa mereka berpisah) dan lagu hit viral penyanyi Korea Selatan Psy yang dirilis pada tahun 2013.

Raja juga menyinggung bagaimana pengaruh Korea terhadap budaya pop yang menyaingi pengaruh Inggris. Korea telah menyatukan Danny Boyle dengan Bong Joon-ho, James Bond dengan Squid Game, dan 'Let It Be' The Beatles dengan 'Dynamite' milik BTS.

“Kebudayaan kita mempunyai kemampuan luar biasa untuk memikat imajinasi di seluruh dunia, mengubah apa yang disebut soft power menjadi negara adidaya bersama,” lanjutnya.

Blackpink membuat sejarah di....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement