Kamis 16 Nov 2023 03:33 WIB

ASI Eksklusif Termasuk KB Alami, Dapat Cegah Stunting

Pemberian ASI eksklusif bukan cuma bermanfaat bagi bayi.

Ibu dan bayinya. pemberian ASI eksklusif sangat efektif menurunkan risiko stunting.
Foto:

Pemberian ASI eksklusif berarti bayi diberikan ASI saja tanpa tambahan apapun. Pemberiannya pada bayi usia 0-6 bulan sangat penting, tidak hanya untuk meningkatkan status gizi, tetapi juga untuk kelangsungan hidup bayi.

 

"Kepada tim pendamping keluarga, kalau memprovokasi tetangga, ayolah diberikan edukasi kalau jarak melahirkan itu lebih baik dibuat tiga tahun. Melahirkan berjarak dari kelahiran yang satu dengan selanjutnya dapat mencegah stunting," papar Hasto.

Hasto juga menegaskan agar seluruh tim pendamping keluarga memahami dengan betul pentingnya menghindari 4T, yaitu terlalu muda usia perkawinan, terlalu sering hamil, terlalu dekat jarak kehamilan terlalu banyak anak.

 

"Dua anak saja lebih sehat," ucap Hasto.

 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Rahmah Housniati mengatakan bahwa komposisi ASI dapat berubah sesuai dengan kebutuhan anak. ASI adalah cairan hidup, setiap saat bisa berubah.

"Bahkan kalau anak sakit, komposisi yang dikandung dalam ASI dapat berubah mengikuti kondisi anak itu, sehingga ASI akan keluar sesuai kebutuhan anak," kata Rahmah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement