Jumat 10 Nov 2023 10:13 WIB

Lakukan Ini Ketika Merasa Sendirian dalam Sebuah Hubungan

Lakukan aktivitas self care yang memberi kegembiraan, relaksasi, dan refleksi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Lakukan ini jika kamu merasa sendirian.
Foto: Freepik
Lakukan ini jika kamu merasa sendirian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hubungan romantis, platonis, atau kekeluargaan apa pun diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akan rasa kasih sayang, kebersamaan, dan dukungan emosional. Namun, tetap ada satu titik di mana seseorang merasa "sendirian" meski ada dalam sebuah relasi.

Penting untuk mengakui dan mengatasinya, karena jika berlangsung terus-terusan dapat berujung pada pesimistis, depresi, kecemasan, bahkan berakhirnya suatu hubungan. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan, dikutip dari Good Men Project, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga

1. Kenali emosi

Langkah pertama untuk mengatasi perasaan "sendirian" dan terisolasi dalam hubungan adalah mengakui dan menerimanya. Terimalah bahwa perasaan kesepian dalam suatu hubungan adalah hal yang normal. Seseorang disarankan mengalami dan memproses perasaan itu tanpa menghakimi diri sendiri. 

2. Komunikasikan kebutuhan

Setelah mengakui diri sendiri merasa sendirian dalam hubungan, selanjutnya adalah terbuka dan jujur ​​​​kepada pasangan atau pihak lain dalam relasi itu. Komunikasikan kebutuhan dengan jelas, bahwa Anda menghargai hubungan dan menginginkan dukungan.

3. Dorong Interaksi

Temukan cara untuk terhubung dengan pasangan dan memperkuat hubungan. Misalnya, rencanakan aktivitas yang disukai bersama, seperti berjalan-jalan, menyiapkan makanan, atau melakukan hobi. Menciptakan pengalaman bersama dapat membantu meringankan perasaan kesepian.

4. Bantuan emosional di luar hubungan

Meskipun menyelesaikan masalah dalam hubungan adalah hal yang penting, mencari dukungan emosional di luar masalah tersebut juga dapat bermanfaat.  Hubungi teman, keluarga, atau terapis untuk mendapatkan nasihat yang simpatik dan tidak memihak. Itu juga bisa memberi perspektif baru.

5. Praktikkan self care

Kesepian dapat membahayakan kesejahteraan secara umum. Jadikan aktivitas perawatan diri yang bermanfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional sebagai prioritas. Lakukan aktivitas self care yang memberi kegembiraan, relaksasi, dan refleksi. 

6. Selesaikan masalah yang belum terselesaikan

Identifikasi dan selesaikan setiap kekhawatiran atau konflik yang belum terselesaikan dalam hubungan. Diskusikan permasalahan itu dan libatkan pasangan atau pihak lain dalam hubungan untuk menemukan solusi yang pas untuk semua.

7. Rancang kejutan kecil

Tindakan kecil yang penuh kasih sayang dan perhatian akan menyenangkan pasangan. Kejutan-kejutan itu dapat menghidupkan kembali semangat dalam hubungan dan mengingatkan kedua belah pihak mengenai cinta terhadap satu sama lain.

8. Menilai hubungan

Ambil langkah mundur dan lakukan penilaian terhadap keseluruhan hubungan. Amati apakah perasaan kesepian itu hanya terjadi satu kali saja atau kecenderungan yang terus-menerus. Semua hubungan pasti mengalami pasang surut, tapi seseorang perlu mencermati apakah hubungannya memenuhi kebutuhan dasar untuk koneksi, dukungan, dan kesenangan, atau tak berjalan sebagaimana mestinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement