Jumat 10 Nov 2023 08:09 WIB

Berkat Telapak Tangan, Pria Ini Berhasil Sabet Mobil Baru, Kok Bisa?

Babak final diselenggarakan di Singapura dengan 174 peserta.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Setelah jeda selama tiga tahun, Tan Chong Car Challenge kembali hadir, mencari jiwa tangguh berikutnya untuk memenangkan mobil baru. /ilustrasi
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Setelah jeda selama tiga tahun, Tan Chong Car Challenge kembali hadir, mencari jiwa tangguh berikutnya untuk memenangkan mobil baru. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setelah jeda selama tiga tahun, Tan Chong Car Challenge kembali hadir, mencari jiwa tangguh berikutnya untuk memenangkan mobil baru. Tahun ini, hadiah utama diperebutkan antara Nissan Kicks e-Power dan Subaru Forester iL-EyeSight. Jika Anda belum pernah mendengar tentang tantangan ini, beginilah kelanjutannya.

Melansir SEA Mashable, Jumat (10/11/2023), tantangan pendahuluan akan diadakan di seluruh negara Asia yang berpartisipasi. Kandidat terpilih akan mewakili negaranya untuk pertarungan terakhir di negara yang ditentukan.

Baca Juga

Peserta harus berusia 18 tahun ke atas. Namun, hal ini akan berbeda tergantung negara Anda. Tantangannya mengharuskan peserta untuk meletakkan telapak tangan kanannya pada bagian yang ditentukan di mobil.

Pada pertarungan final, kompetisi akan berlangsung selama dua hari. Jangan khawatir, akan ada jeda dengan istirahat lima menit setiap enam jam. Telapak tangan dan pikiran pada hadiahnya. 

Tahun ini, babak final diselenggarakan di Singapura dengan 174 peserta dari Singapura, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Kamboja.

Sebelumnya, kontestan hanya perlu menempelkan telapak tangan di atas mobil selama mungkin. Tahun ini sedikit berbeda. Ada permainan eliminasi setiap jam seperti Car Swap, The Cross-Legged Crane, Reach Out Rhinoceros, Tipsy Bottle Trick, dan banyak lagi.

Dalam rentang waktu 30 jam tantangan tersebut, terdapat sekitar delapan tantangan mini dan enam pertukaran mobil, yang mengharuskan peserta berpindah posisi dalam hitungan detik. Akhirnya, tersisa empat kontestan, masing-masing sepasang dari Singapura dan Vietnam.

Setelah pertarungan luar biasa selama 30 jam di Tan Chong Car Challenge yang diadakan pada 4 dan 5 November, Chan Kok Seng yang berusia 56 tahun dari Singapura muncul sebagai orang terakhir yang bertahan.

Chan yang merupakan seorang teknisi mengungkapkan kebahagiaannya dan memuji istrinya karena telah menjadi pendukungnya selama tantangan ini.

Chan juga mengatakan dia berlatih Taiji, suatu bentuk seni bela diri Tiongkok setiap hari, serta sesekali melakukan yoga dan in-line skating.

Dia membawa pulang mobil Nissan Kicks e-Power Premium Adventure Series senilai 105.300 dollar Singapura (Rp 1,2 miliar) tanpa sertifikat kepemilikan.

Dia adalah orang tertua kedua yang memenangkan tantangan ini sejak tantangan tersebut dimulai pada 2002 yang disebut 'Subaru Car Challenge'. Pemenang tertua berusia 58 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement