Jumat 10 Nov 2023 00:37 WIB

Ini Kata Baja Amin Soal Peluang Anies-Muhaimin Menang Satu Putaran

Saat ini, Baja Amin  terus mematangkan strategi pemenangan Anies-Muhaimin.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Sudirman Said.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sudirman Said.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Badan Pekerja Anies-Muhaimin (Baja Amin), Sudirman Said, mengomentari peluang Anies-Muhaimin menang satu putaran di Pilpres 2024 nanti. Ia menilai kondisi itu bisa saja terjadi.

"Kata politisi asli, kata politisi betulan, itu politik seni kemungkinan, jadi bisa-bisa saja," kata Sudirman kepada Republika, Kamis (9/11).

Tapi, dia merasa, secara hitungan, cukup berat bagi Anies-Muhaimin untuk memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran saja. Karenanya, Sudirman merasa, lebih baik disusun langkah-langkah realistis yang bisa dicapai.

Selain itu, dia mengungkapkan, pihak-pihak yang mendiskusikan kemungkinan dua putaran cukup seirama soal peluang Amin. Sudirman menyatakan, jika Anies-Muhaimin masuk putaran kedua potensi mereka menang cukup besar.

"Mereka menyatakan bila Amin masuk putaran kedua, potensi menangnya cukup besar," ujar Sudirman.

Terkait strategi Baja Amin untuk putaran kedua, ia mengungkapkan, dalam pemilu dua putaran yang menentukan sikap dari yang kalah dalam putaran pertama. Sebab, mereka akan menentukan pengalihan suara selanjutnya.

Maka itu, Sudirman menekankan, penting bagi mereka berhubungan baik dengan semuanya. Apalagi, juru bicara Anies Baswedan itu menekankan, kontestasi ini merupakan kompetisi politik, bukan sarana bermusuhan.

Mantan Menteri ESDM itu menekankan, Baja Amin ingin terus membangun komunikasi dengan satu tujuan mulia, yaitu bila untuk kebaikan yang lebih besar tidak ada salahnya untuk membangun koalisi ke depannya.

"Tapi, bukan seperti proses yang ditempuh Pak Prabowo dulu, menyebrang begitu saja tanpa memberi tahu pendukungnya," kata Sudirman.

Saat ini, Baja Amin masih terus mematangkan strategi pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024. Rencananya, pekan depan sudah bisa dilaksanakan pengumuman Kapten Timnas untuk Baja Amin.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement