Sabtu 04 Nov 2023 02:45 WIB

KAI Hadirkan Kereta Makan Bernuansa Mewah, Cek Penampakannya

Kereta mewah itu dirangkaikan pada KA Bima Gambir - Surabaya Gubeng.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menghadirkan Kereta Makan bernuansa Suite Class mewah.
Foto: Antara
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menghadirkan Kereta Makan bernuansa Suite Class mewah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menghadirkan Kereta Makan bernuansa Suite Class mewah yang dirangkaikan pada KA Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp mulai Sabtu 4 November 2023.

“Hadirnya Kereta Makan bernuansa Suite Class ini bertujuan untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru. Baik pelanggan Kereta Suite Class Compartment maupun kereta kelas eksekutif dapat menikmati kereta makan baru ini,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga

Joni menyampaikan, Kereta Makan bernuansa Suite Class akan menggantikan kereta makan yang sebelumnya dirangkaikan pada KA Bima dan KA Argo Semeru.

Adapun desain Kereta Makan tersebut dibuat menyerupai Kereta Suite Class Compartment, sehingga seluruh pelanggan KA Bima dan KA Argo Semeru nantinya dapat menikmati hidangan di kereta makan dengan nuansa yang lebih mewah.

 

Desain kereta makan tersebut mengusung tema Nature with Harmony dengan memadukan warna dan motif alam dengan kearifan budaya nasional.

Pada interior kereta, dinding lorong Kereta Makan bernuansa Suite Class menggunakan motif lingkar Borobudur dengan sudut pandang dari atas yang terangkai, menggunakan warna toska.

Warna toska mencerminkan alam yang terdiri dari warna hijau bumi dan warna biru laut samudera, yang memberikan kesan sejuk.

Menurut dia, filosofi motif Borobudur mencerminkan konsep kosmos dengan struktur dan tata letaknya yang melambangkan alam dan perjalanan menuju pencerahan/kejayaan, dengan pondasi yang kuat dan kokoh menjaga kestabilannya.

Di bagian plafon, Kereta Makan bernuansa Suite Class menggunakan ukiran Perisai Talawang dari material kayu dengan motif Burung Enggang yang dianggap suci dan gagah, memiliki filosofi perlindungan diri sekaligus menumbuhkan keberanian dan tekad keras memperjuangkan cita-cita.

Sementara itu pada ornamen lantai, menggunakan material tahan air dan ramah lingkungan dengan motif kayu. Fasilitas-fasilitas yang tersedia juga turut diperbarui, seperti sofa yang lebih empuk dan nyaman, musala yang lebih mewah dan dilengkapi dengan tempat wudu, display menu, area pemesanan yang lebih apik, serta peralatan masak yang serba modern dan baru.

Joni mengungkapkan, Kereta Makan bernuansa Suite Class tersebut merupakan hasil modifikasi KAI di Balai Yasa Manggarai dengan masa pengerjaan 45 hari kerja.

Sedangkan Kereta Makan sejenis untuk KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp ditargetkan akan dioperasikan pada bulan Desember 2023.

"Ke depan, KAI akan menambah fitur baru khusus bagi pelanggan Kereta Suite Class Compartment yakni pemesanan menu makanan melalui Video on Demand (VOD) di kompartemen masing-masing, sehingga pelayanannya akan semakin eksklusif,” katanya.

Sejak diresmikan pada 10 Oktober 2023, masyarakat sangat antusias menggunakan Kereta Suite Class Compartment.

Pada periode 10 Oktober-2 November 2023, terdapat total 1.798 pelanggan Kereta Suite Class Compartment.

Dengan rincian pelanggan Kereta Suite Class Compartment pada KA Bima sebanyak 799 pelanggan dan pada KA Argo Semeru sebanyak 999 pelanggan. “Diharapkan dengan hadirnya Kereta Makan bernuansa Suite Class ini, minat masyarakat untuk bertransportasi menggunakan transportasi massal kereta api semakin tinggi," ujar Joni.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement