Kamis 02 Nov 2023 10:32 WIB

Jokowi: Proyek IKN Keseluruhan Selesai 15-20 Tahun 

Pemerintah akan memprioritaskan investor dalam negeri untuk masuk di IKN.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara,  Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo memperkirakan pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) keseluruhan akan selesai dalam kurun waktu 15-20 tahun. Periode waktu ini, menurut Jokowi, sebagaimana umumnya proyek pembangunan ibu kota baru di berbagai negara.

"Perkiraan saya 15-20 tahun proyek IKN, dan di negara manapun kira2 15-20 tahun," ujar Jokowi dikutip dari keterangannya, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga

Jokowi meyakini pembangunan IKN akan terus bergulir. Apalagi, jika sudah masuk investor dari swasta dan berbagai infrastruktur di IKN mulai jalan tol dan bandara telah selesai dibangun.

"Ini kalau swasta sudah masuk artinya akan terus bergulir, terutama nanti setelah selesai yang namanya tol Balikpapan-Nusantara dan Airport Nusantara itu akan mempercepat proses investasi yang ada di IKN," ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan, pemerintah akan memprioritaskan investor dalam negeri untuk masuk di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, baru jika tidak ada minat dari investor lokal, maka pemerintah akan mencari investor dari luar negeri yang berminat untuk berinvestasi di IKN.

"Saya sampaikan kepada kepala Otorita dahulukan dulu investor dalam negeri, tapi kalau mentok dan sudah tidak ada kita akan keluarkan jurus yang dari luar," ujar Jokowi.

Menurutnya, total investasi yang masuk dari sejumlah investor dalam negeri untuk pembangunan proyek di IKN mencapai Rp45 Triliun hingga Desember 2023. Pemerintah lebih banyakm mendorong pembangunan yang dibutuhkan masyarakat di IKN, seperti rumah sakit yang sudah ada tiga komitmen untuk dibangun, sekolah, hotel hingga pusat perbelanjaan atau mal.

"Ini memang makin banyak yang berbondong-bondong, utamanya investor dalam negeri. Yang lalu groundbreaking senilai Rp 23 triliun, kemudian ini kira-kira Rp 12 triliun. Kemudian nanti Desember, totalnya jadi Rp 45 triliun," ujar Jokowi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement