Rabu 01 Nov 2023 14:17 WIB

Peter Jackson Sutradarai Video Musik Baru The Beatles ‘Now and Then’

Video musik ini diharapkan menciptakan momen perpisahan yang emosional dengan Beatles

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Sutradara Peter Jackson
Foto: EPA
Sutradara Peter Jackson

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berita gembira bagi para penggemar The Beatles. Lagu terbaru dari legendaris band ini, yang berjudul "Now and Then" akan segera dirilis pada 2 November 2023. Lebih menarik lagi, video musik untuk lagu ini, yang disutradarai oleh sutradara pemenang Oscar Peter Jackson, akan tayang perdana pada 3 November 2023.

Peter Jackson sebelumnya dikenal sebagai sutradara film dokumenter The Beatles: Get Back pada 2021. Film tersebut menggambarkan proses pembuatan album legendaris mereka, "Let It Be" pada 1970. Kini, Jackson telah kembali untuk mengarahkan video musik yang sangat dinanti-nantikan.

Baca Juga

Dalam sebuah pernyataan panjangnya, Peter Jackson berbicara tentang tantangan yang dihadapinya ketika ditawari untuk menyutradarai video musik "Now and Then." Dia awalnya ragu karena merasa sulit membuat video musik yang sesuai dengan lagu terakhir yang pernah dirilis oleh The Beatles.

Namun, berkat dukungan dari berbagai pihak, Apple Corps dan rekan-rekan Jackson, termasuk Paul McCartney dan Ringo Starr, proyek ini akhirnya menjadi kenyataan.

 

“Sejujurnya, memikirkan tanggung jawab untuk membuat video musik yang layak untuk lagu terakhir The Beatles yang pernah dirilis saja sudah menghasilkan kumpulan kecemasan yang hampir terlalu berat untuk dihadapi,” kata Jackson, dilansir Associated Press Rabu (1/11/2023).

Seiring dengan penampilan ulang lagu ini, Jackson berbagi pengalamannya dalam mengeksplorasi rekaman tak terlihat dan jarang dilihat dari band ikonik ini. Jackson mengungkapkan tantangannya dalam menciptakan video musik yang sesuai dengan lagu "Now And Then" oleh The Beatles.

Sutradara trilogi The Lord of the Rings ini mencatat bahwa ada sedikit materi video yang menunjukkan Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr saat mereka bekerja pada lagu ini pada 1995. Ini membuatnya merasa sedih karena kekurangan rekaman yang tak terlihat dari band tersebut.

Jackson menggarisbawahi pentingnya menampilkan cuplikan asli The Beatles dalam video musik tersebut, tanpa menggunakan aktor atau CGI untuk menggantikannya. Pengambilan gambar yang digunakan harus benar-benar autentik. Jackson juga mengungkapkan rasa khawatirnya tentang tidak memiliki rekaman yang memadai untuk bekerja.

Namun, semuanya berubah ketika McCartney dan Starr mengirimkan penampilan mereka dari tahun lalu, dan berbagai arsip gambar film yang telah lama terlupakan selama sesi rekaman tahun 1995 ditemukan. Berkat kontribusi tersebut, Jackson mulai melihat bagaimana video musik bisa diciptakan. Dengan menggunakan rekaman baru dan jarang dilihat, Jackson dan timnya mulai menyusun video musik "Now And Then."

Jackson menjelaskan bahwa meskipun memiliki beberapa ide kabur, visi film pendek ini sebenarnya berkembang dari mendengarkan musiknya. Dalam proses organik, ide-ide mulai terbentuk di kepalanya. Dia bekerja sama dengan editor "Get Back" Jabez Olssen untuk menggabungkan cuplikan film baru yang mendukung konsepnya.

Video musik ini diharapkan menciptakan....

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement