Selasa 31 Oct 2023 14:51 WIB

Ahli: Jangan Vakum Delapan Barang Ini

Beberapa jenis kotoran tidak dapat dibersihkan dengan penyedot debu.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Vacuum cleaner. Beberapa jenis kotoran tidak dapat dibersihkan dengan penyedot debu.
Foto:

5. Ampas kopi

Kebanyakan orang tahu bahwa tidak boleh membuang ampas kopi ke dalam wastafel karena dapat menyumbat pipa, tetapi tahukah bahwa Anda juga tidak boleh menyedot ampas kopi? Sama seperti pipa ledeng, ampas kopi dapat menyumbat pipa bagian dalam, filter, dan pipa penyedot debu. Sekali lagi, gunakan sapu dan pengki untuk menghilangkan tumpahan bubuk kopi.

6. Kosmetik

Jika Anda memecahkan perona pipi, Anda mungkin tergoda untuk mengeluarkan alat penyedot debu untuk segera menyedot pecahan kecil berwarna merah muda tersebut. Riasan tidak boleh disedot karena bubuk berpigmennya akan menyebar dengan cepat, meninggalkan bekas warna di mana pun Anda menyedot debu berikutnya. 

Coba sapu dan pengki, lalu bersihkan sisanya dengan kain dan pembersih rumah tangga. Gosok sapu setelahnya untuk menghilangkan semua pigmen.

7. Benda kecil

Jika Anda membersihkan ruang bermain, kantor, atau ruang lain yang mungkin terdapat benda-benda kecil tersembunyi di karpet atau di bawah furnitur, lakukan pembersihan sebelum menyedot debu. Anda tentu tidak ingin secara tidak sengaja menyedot benda-benda kecil yang mungkin berharga (seperti perhiasan) atau merusak

“Anda dapat merusak ruang hampa dengan menabrak benda-benda yang tebal dan kikuk seperti paku, jepit rambut, klip kertas, Lego, manik-manik, kancing, koin, atau benda tajam lainnya,” kata Brown. 

Benda-benda kecil ini dapat melubangi kantong vakum atau merusak komponen internal.

8. Zat lengket

 

Dari lem di ruang kerajinan hingga sirup maple di dapur, hindari menyedot debu di tempat yang mungkin terdapat zat lengket di lantai. Kotoran lengket ini dapat menyumbat sikat, selang, dan bagian dalam penyedot debu lainnya. Jika bahannya mudah rusak, ia bahkan bisa berjamur di dalam penyedot debu Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement