Selasa 31 Oct 2023 14:51 WIB

Ahli: Jangan Vakum Delapan Barang Ini

Beberapa jenis kotoran tidak dapat dibersihkan dengan penyedot debu.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Vacuum cleaner. Beberapa jenis kotoran tidak dapat dibersihkan dengan penyedot debu.
Foto: istimewa
Vacuum cleaner. Beberapa jenis kotoran tidak dapat dibersihkan dengan penyedot debu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyedot debu atau vacuum cleaner mungkin tampak ajaib, tetapi tidak dirancang untuk melakukan semuanya. Sebagian besar penyedot debu unggul dalam membersihkan kotoran sehari-hari termasuk debu, sarang laba-laba, dan remah-remah, tetapi penyedot debu tidak boleh sembarangan digunakan.

Berikut delapan barang yang tidak boleh menggunakan penyedot debu untuk membersihkannya.

Baca Juga

1. Cairan atau zat basah

Saat menumpahkan sekotak susu, tahan keinginan untuk mencoba menyedot kotoran tersebut dengan penyedot debu. “Menghisap jus, air, atau susu dapat merusak motor penyedot debu dan menimbulkan bahaya listrik,” kata Angela Brown, pembawa acara Youtube Ask a House Cleaner seperti dilansir laman Yahoo Life, Selasa (31/10/2023).

Dia mengatakan, cairan juga dapat masuk ke dalam filter vakum, yang kemudian akan tersumbat oleh debu dan kotoran jika tidak dapat mengering sepenuhnya. Hal ini kemudian akan menyebabkan kerusakan motor, tumbuhnya jamur, dan bau apek dari penyedot debu.

Lalu bagaimana membersihkannya? Gunakan pengisap debu toko sebagai pengganti penyedot debu saat ingin menyedot air. Ini akan menghilangkan air dalam jumlah yang lebih besar dengan jauh lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan gulungan tisu.

2. Abu panas atau bara api

Perapian mungkin terasa nyaman, tapi bisa menimbulkan kekacauan. Dari bara api hingga abu, pekerjaan pembersihan sangat ekstensif. Namun, jangan beralih ke penyedot debu untuk mengambil abu panas atau bara api dari perapian.

“Panas dapat merusak ruang hampa dan menimbulkan bahaya kebakaran, dan abunya dapat menyumbat filter dan menempel di bagian dalam tabung dan selang,” kata Brown. Sebagai gantinya, gunakan pengki atau sekop logam.

3. Barang rapuh atau halus

Jika nanti hiasan dinding jatuh dari pohonnya, hancur berkeping-keping, simpanlah penyedot debu. “Barang-barang seperti barang pecah belah atau hiasan halus tidak boleh dibersihkan menggunakan alat pengisap debu yang kuat,” kata Maria Mooney, pakar pembersihan di Truly Free.

Sebagai gantinya, ambillah sapu dan pengki untuk mengumpulkan pecahan-pecahan tersebut, dan keluarkan penyedot debu hanya jika Anda tidak dapat melihat pecahan-pecahan lainnya.

4. Bubuk halus

Tumpahan kue bukanlah waktu terbaik untuk menggunakan penyedot debu, meskipun ini mungkin tampak seperti solusi termudah.

“Serbuk halus seperti tepung, soda kue, atau bedak bayi dapat menyumbat filter penyedot debu dan mengurangi daya isapnya,” kata Mooney. Zat-zat halus ini paling efektif dibersihkan dengan sapu atau pengki.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement