Selasa 24 Oct 2023 09:53 WIB

Deretan Idola K-Pop yang Dukung Palestina, Ada Jimin BTS Hingga Jennie Blackpink

Beberapa idola k-pop menunjukkan dukungan dalam berbagai cara selama bertahun-tahun.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Unggahan Flower Thrower oleh Jimin BTS pada 2020
Foto: Twitter
Unggahan Flower Thrower oleh Jimin BTS pada 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Krisis Israel-Palestina di bulan Oktober kembali meningkat. Meskipun semakin banyak orang yang tampaknya menyadari konflik di Jalur Gaza, namun hanya sedikit yang memberikan dukungannya.

Meski demikian, sejumlah idola K-Pop rupanya tidak ragu dalam menunjukkan dukungan mereka untuk Palestina selama bertahun-tahun. Berikut daftar idola K-Pop yang diketahui mendukung perdamaian dan Palestina, dikutip dari Koreaboo, Selasa (24/10/223).

Baca Juga

1. BM KARD

Pada hari ulang tahunnya, BM memposting bahwa “terlalu banyak orang tak bersalah di Gaza” yang kehilangan hak istimewa untuk merayakan ulang tahun mereka. Ia meminta para penggemarnya untuk berdoa.

2. Jonghyun SHINee

Jonghyun yang selalu blak-blakan soal isu sosial itu memposting foto yang diambil dari atas Jalur Gaza.

3. RM BTS

RM pergi ke pameran “Barakat” yang dimiliki orang asal Palestina, Fayez Barakat.

RM juga memiliki dua karya seni buatan seniman Banksy. Banksy melakukan perjalanan ke Wilayah Palestina, dan menciptakan serangkaian karya seni, pada tahun 2005.

Banksy kembali ke Palestina pada bulan Agustus 2015 untuk membuat serangkaian mural baru yang kuat. Pada tahun 2005, ia telah membuat sejarah dengan meninggalkan mural di tembok pembatas Tepi Barat Israel. Kali ini, sang artis membuat iklan perjalanan satir tentang Gaza. 

4. V BTS

V pernah pergi ke pameran tentang Banksy. V memposting The Flower Thrower, Flower Bomber, Rage, or Love is in the Air, sebuah gambar anti-perang karya Banksy, yang menggambarkan seorang warga Palestina dengan penutup wajah sedang melempar bunga. V juga mencoba menggambar versinya sendiri.

5. Jimin BTS

Begitu pula dengan sesama anggota BTS Jimin yang membagikan foto The Flower Thrower. Dia turut menyertakan tulisan by Jimin dalam karya itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement