Senin 23 Oct 2023 16:50 WIB

Ada Keju Hingga Daging, Dokter Imbau Hindari 5 Santapan Ini

Ada lima jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Minuman bersoda disarankan untuk dihindari agar kesehatan tetap terjaga/ilustrasi
Foto: Pxhere
Minuman bersoda disarankan untuk dihindari agar kesehatan tetap terjaga/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jam makan siang merupakan momen untuk beristirahat sekaligus mengisi tenaga sebelum kembali beraktivitas. Tak heran bila banyak orang menginginkan sajian yang menggugah selera saat makan siang.

Dari beragam opsi hidangan untuk makan siang, ada lima jenis makanan dan minuman yang dihindari oleh spesialis bedah Dr Reza Tirgari demi menjaga kesehatan. Dr Tirgari juga menganjurkan orang-orang untuk mengikuti jejaknya dan menjauhi, atau setidaknya membatasi, konsumsi kelima jenis makanan dan minuman tersebut. "Nomor satu, soda," kata Dr Tirgari, seperti dilansir Express pada Senin(23/10/23).

Baca Juga

Bukan hanya soda yang bergula saja yang sebaiknya dijauhi, tetapi juga soda bebas gula. Menurut Dr Tirgari, konsumsi soda sebaiknya dihindari atau dibatasi karena minuman tersebut mengandung asam fosfat. "Asam fosfat buruk untuk gigi dan tulang Anda, dia dapat mengurangi kalsium dari tulang Anda dan meningkatkan risiko osteoporosis," tambah Dr Tirgari.

Orang-orang yang terbiasa meminum soda saat makan siang dianjurkan oleh Dr Tirgari untuk beralih ke minuman lain. Sebagai contoh, meminum es teh atau air putih.

 

Hal kedua yang sebaiknya dihindari atau dibatasi saat makan siang adalah gula. Saat makan siang, Dr Tirgari merekomendasikan orang-orang untuk menghindari camilan bergula tinggi. Membatasi konsumsi camilan bergula bisa membantu memperlambat atau mencegah terjadinya sindrom metabolik, diabetes, serta beberapa masalah kesehatan lain.

Ketiga, Dr Tirgari merekomendasikan agar konsumsi daging olahan dikurangi atau dihindari. Beberapa contoh daging olahan adalah ham, salami, dan daging asap.

Menurut Dr Tirgari, konsumsi daging olahan yang berlebih kerap dikaitkan dengan kejadian kanker. Semakin besar jumlah daging olahan yang dikonsumsi dalam keseharian, risiko kanker bisa meningkat, khususnya risiko kanker usus.

Asupan keempat yang tak direkomendasikan oleh Dr Tirgari adalah minyak sawit. Minyak yang biasa digunakan untuk menggoreng makanan ini kerap dijuluki sebagai salah satu minyak jenuh paling tidak menyehatkan.

Sedangkan jenis asupan kelima yang tak dianjurkan oleh Dr Tirgari saat makan siang adalah produk olahan susu seperti keju. Menurut Dr Tirgari, konsumsi produk olahan susu secara berlebih bisa meningkatkan risiko beragam penyakit kardiovaskular. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement