Sabtu 21 Oct 2023 21:11 WIB

Kapan Prabowo akan Daftar Capres? PBB: Kalau tak Ada Halangan Tanggal 25

Koalisi Indonesia Maju tetap membuka peluang pendaftaran Prabowo sebelum tanggal 25.

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto saat menghadiri Rapimnas II Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas II Partai Golkar tersebut mengusulkan pasangan Bakal calon Presiden dan Wakil presiden pada pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto saat menghadiri Rapimnas II Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas II Partai Golkar tersebut mengusulkan pasangan Bakal calon Presiden dan Wakil presiden pada pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor menyebut, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming kemungkinan akan didaftarkan sebagai capres-cawapres Pilpres 2024 di KPU RI pada Rabu (25/10/2023). 

"Insya Allah kita akan segera mengantar pasangan ini ke KPU RI di hari yang sudah ditetapkan pekan depan. Mungkin sekitar hari Rabu tanggal 25 Oktober 2023 kalau tidak ada halangan atau bisa juga sebelum tanggal 25," kata Afriansyah di kediaman ketua umumnya, kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2023), sebagaimana tampak dalam video yang dia kirimkan. 

Baca Juga

Afriansyah dan pejabat teras PBB berkumpul di kediaman ketua umumnya, Yusril Ihza Mahendra untuk bertemu dengan Gibran. Gibran sowan ke Yusril dalam rangka silaturahmi.  "Terima kasih sekali sudah diterima di kediamannya Pak Ketum PBB dan keluarga. Doakan yang terbaik untuk kontestasi di 2024," kata Gibran. 

Sementara itu, Yusril menyebut partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah memilih Gibran menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto. "Kami ucapkan selamat kepada beliau (Gibran) yang telah dipilih oleh, akan disahkan oleh Koalisi Indonesia Maju, serta sebentar lagi akan dideklarasikan," kata Yusril ketika dihubungi wartawan. 

Yusril menyebut, PBB menyetujui Gibran menjadi cawapres karena sedari awal sudah berkomitmen mendukung siapapun sosok yang dipilih oleh Prabowo. Lantaran Prabowo sudah memilih Gibran, PBB pun sepakat mendukung putra sulung Presiden Jokowi itu. 

"Pak Gibran yang disepakati, yang dipilih oleh Pak Prabowo, ya kami pun sepakat untuk mendukung beliau," kata pakar hukum tata negara itu. 

Yusril menambahkan, acara deklarasi Prabowo-Gibran sebagai pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 hanya tinggal menunggu waktu. Kendati begitu, Yusril menyebut tidak mungkin acara deklarasi digelar saat peringatan Hari Santri di Surabaya, besok. Prabowo diketahui bertolak ke Surabaya malam ini. 

Selain dari PBB, Gibran juga sudah mendapatkan dukungan dari dua partai politik lain yang tergabung dalam KIM. Dukungan dari PAN didapatkan setelah pria berusia 36 tahun itu menyambangi kediaman Ketum PAN Zulkifli Hasan pada Sabtu pagi. 

Zulhas mengunggah foto pertemuannya bersama Gibran itu melalui akun Instagram pribadinnya @zul.hasan. "Agar Indonesia maju terus, silaturahmi tidak boleh terputus. Bismillah mas Wali," ujar Zulhas dalam keterangan unggahan tersebut. 

Partai Golkar juga telah mendukung Gibran. Dalam Rapimnas Partai Golkar pada Sabtu pagi, para pimpinan Golkar sepakat mengusung Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto langsung menyerahkan surat rekomendasi pengusungan kepada Gibran pada Sabtu siang. "Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Partai Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil rapimnas ini," kata Gibran di acara Rapimnas Golkar di markas partai berlogo pohon beringin itu. 

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus capres KIM Prabowo mengapresiasi kebesaran hati Airlangga dan Waketum Golkar Ridwan Kamil merelakan posisi cawapres kepada Gibran, meski dua tokoh itu potensial menjadi capres ataupun cawapres. Prabowo mengaku menerima usulan agar Gibran menjadi cawapres dan akan membawa usulan tersebut ke dalam rapat ketua umum KIM.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement