Kamis 19 Oct 2023 12:10 WIB

Lima Dokumenter Kontroversi Netflix, dari Ice Cold Hingga Beckham

Netflix beberapa kali merilis film dokumenter kontroversial.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Poster film Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso.
Foto: Dok. Netflix
Poster film Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raksasa streaming Netflix bukan hanya dikenal dengan film-film menarik pagi penonton. Netflix juga beberapa kali telah menghasilkan film dokumenter yang cukup kontroversial. 

Film dokumenter kriminal baru “Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso”, misalnya, telah menyita perhatian khalayak. Bahkan dokumenter ini membuka kesadaran untuk melihat kembali kasus pembunuhan paling terkenal dan kontroversial di Indonesia. 

Baca Juga

Berikut beberapa film dokumenter kontroversial Netflix.

1. Ice Cold (2023

Bagi mereka yang baru mengenal kasus pembunuhan dalam film ini, perlu melihat kembali ke tanggal 6 Januari 2016, ketika sosialita bernama Wayan Mirna Salihin mulai mengalami kejang-kejang setelah meminum es kopi Vietnam di Olivier Cafe, sebuah kafe kelas atas di kawasan mewah Grand Indonesia sebagai pusat perbelanjaan di Jakarta. Mirna dilarikan ke rumah sakit terdekat dan meninggal beberapa jam kemudian. 

 

Pada 30 Januari, teman Mirna, Jessica Kumala Wongso yang berusia 27 tahun, yang datang lebih awal ke kafe dan memesan minuman populer tersebut, ditangkap dan didakwa melakukan pembunuhan.

Polisi menuduh Jessica telah menuangkan racun sianida yang kuat ke dalam minuman Mirna. Ketika publik saat ini kembali mengulik kejanggalan keputusan hukum, menunjukkan bahwa kasus ini berpotensi menjadi salah satu kasus pembatalan persidangan terbesar yang pernah dihadapi Indonesia. 

2. Harry & Meghan (2022)

Film dokumenter Netflix tentang hubungan antara Pangeran Harry dan Meghan Markle telah menarik perhatian Keluarga Kerajaan Inggris dan media. Serial dokumenter Netflix tentang Duke dan Duchess of Sussex ini menimbulkan banyak kontroversi menjelang perilisannya. 

photo
Tangkapan Layar serial dokumenter Harry & Meghan yang tayang di Netflix. - (BBC/Netflix)

Meskipun serial ini telah mencetak rekor sebagai rilisan terbesar Netflix di Inggris, sebagian besar penerimaan terhadap serial ini terpolarisasi karena subjeknya. Beberapa orang mempermasalahkan klaim yang dibuat dalam dokumenter tersebut, sementara yang lain lebih mendukung keputusan Harry dan Meghan untuk membuat film dokumenter tentang hubungan mereka. Namun beberapa pihak menyebut dokumenter tersebut sebagai ‘jahat’.

3. David Beckham (2023)

Film dokumenter Netflix, Beckham, mengeksplorasi kehidupan pribadi superstar internasional tersebut secara mendetail, tetapi mengabaikan beberapa detail penting dari kisah nyata. Beckham tumbuh dalam sorotan media, dengan paparazzi mengikutinya ke mana pun dan surat kabar melaporkan gaya rambut terbarunya di halaman depan. 

Film ini menunjukkan Beckham menemukan....

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement