Senin 09 Oct 2023 16:06 WIB

Tafsir Surat Al Isra Ayat 1 : Masjidil Aqsa Tanah dan Tanah yang Diberkahi

Masjid Al Aqsa terletak di Palestina.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Seorang perempuan membaca Alquran dengan latar belakang Dome of Rock, kompleks Masjid Al Aqsa, Palestina.
Foto: republika
Seorang perempuan membaca Alquran dengan latar belakang Dome of Rock, kompleks Masjid Al Aqsa, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Baitul Maqdis berarti tanah suci yang sangat diberkahi, bukan saja tanahnya yang subur dan menghasilkan buah-buahan, tetapi Baitul Maqdis juga menjadi saksi perjalanan Mi'raj Rasulullah saw menuju sidratul muntaha, yakni dari Masjidil Aqsa menuju langit ke tujuh. Masjidil Aqsa terletak di kota tua Yerusalem, Palestina dan termasuk situs suci ketiga bagi umat Islam.

Baitul Maqdis juga tanah kenabian dan sebagai tempat turunnya wahyu, serta menjadi kiblat pertama bagi orang Islam. Baitul maqdis juga merupakan tanah yang dijanjikan Allah kepada orang-orang yang taat. Keberkahan tanah Baitul Maqdis ini disebutkan Allah dalam surat Al-Isra ayat 1, yang berbunyi:

Baca Juga

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Dalam Tafsir Kementerian Agama RI...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement