Jumat 06 Oct 2023 10:17 WIB

Siapa Saja yang Muncul di Film Ice Cold Jessica Wongso?

'Kita berdua suka banget kopi. Ironis, Mirna mati karena itu'.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Tokoh yang ada di film Ice Cold yang mengangkat kasus pembunuhan menggunakan kopi sianida oleh Jessica Wongso terhadap Mirna Salihin.
Foto:

12. Sepupu Jessica sekaligus tim hukum, Yudi Wibowo

Yudi Wibowo adalah salah satu anggota tim kuasa hukum Jessica. Ia juga mengenal Jessica sejak kecil dan berbicara tentang ancaman yang diterima selama persidangan.

“Bawa pistol bapaknya, setelah persidangan menakut-nakuti, seolah-olah dia itu bisa membunuh saya kalau saya macam-macam suatu saat,” kata Yudi.

13. Ahli psikologi forensik, Reza Indragiri

Reza Indragiri berbicara tentang bagaimana masyarakat sering kali menghakimi seseorang hanya berdasarkan penampilan. “Saya khawatir bahwa kepada otoritas penegakan hukum, justru pihak ini secara tak bertanggung jawab juga memberi uang dalam jumlah lebih besar," kata dia.

14. Psikolog Dewi Haroen

Dewi Haroen menjadi saksi ahli dalam persidangan Jessica. Ia menjelaskan bagaimana orang sering kali mengasosiasikan penampilan dengan karakter.

“Masyarakat sudah menganggap yang jelek itu salah dan yang cantik harus diselamatkan," ujarnya.

15. Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Erasmus Napitupulu

Erasmus Napitupulu menjelaskan, jalannya persidangan Jessica dan bagaimana hakim dipengaruhi oleh argumen jaksa. “Apakah kemudian ada bukti yang menunjukkan bahwa terjadi pembunuhan yang dilakukan secara langsung olah Jessica Wongso? Jawabannya tidak ada," kata dia.

16. Ahli forensik dr Djaja Surya Atmadja

Dr Djaja Surya Atmadja membahas proses autopsi yang seharusnya dilakukan dalam kasus ini dan menjelaskan bagaimana sianida bisa menyebabkan kematian. “Kalau tidak diperiksa seluruh organ, Anda tidak bisa tahu sebab matinya dan itu dogma di forensik, Pak," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement